Ratusan Pejuang Ukraina Berhasil Keluar dari Pabrik Baja Mariupol

Militer Ukraina mengatakan lebih dari 260 pejuang Ukraina, termasuk beberapa yang mengalami luka parah, dievakuasi dari pabrik baja Azovstal.

Editor: lodie tombeg
Kompas.com/RONALDO SCHEMIDT
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (tengah) berdiri di kota Bucha, barat laut ibukota Ukraina, Kyiv, pada 4 April 2022. - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada 3 April 2022 bahwa kepemimpinan Rusia bertanggung jawab atas pembunuhan warga sipil di Bucha, di luar Kyiv, di mana mayat ditemukan tergeletak di jalan setelah kota itu direbut kembali oleh tentara Ukraina. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Militer Ukraina mengatakan lebih dari 260 pejuang Ukraina, termasuk beberapa yang mengalami luka parah, dievakuasi dari pabrik baja Azovstal, Kota Mariupol yang hancur.

Dilansir AP News, Wakil Menteri Pertahanan, Hanna Maliar mengatakan 53 pejuang yang terluka parah dibawa ke sebuah rumah sakit di Novoazovsk, sebelah timur Mariupol. Lalu, 211 pejuang tambahan dievakuasi ke Olenivka melalui koridor kemanusiaan.

"Pertukaran akan dilakukan untuk kepulangan mereka," katanya.
Malyar mengatakan misi dilakukan untuk menyelamatkan pejuang yang tersisa di dalam pabrik, benteng perlawanan terakhir di kota pelabuhan selatan yang hancur.

“Terima kasih kepada para pembela Mariupol, Ukraina mendapatkan waktu yang sangat penting untuk membentuk pasukan cadangan dan mengumpulkan kembali pasukan dan menerima bantuan dari mitra,” katanya.

“Dan mereka memenuhi semua tugas mereka. Tetapi tidak mungkin untuk membuka blokir Azovstal dengan cara militer.”

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan evakuasi para pejuang dari Azovstal ke wilayah yang dikuasai separatis adalah untuk menyelamatkan nyawa mereka.

Dia mengatakan "yang terluka parah" mendapatkan bantuan medis.
“Ukraina membutuhkan pahlawan Ukraina tetap hidup. Itu prinsip kami,” katanya.

"Pekerjaan terus dilakukan untuk membawa orang-orang pulang, dan itu membutuhkan kesabaran dan waktu."
Zelenskyy mengucapkan selamat kepada tentara yang dilaporkan mendorong pasukan Rusia kembali ke dekat perbatasan.

Pejuang yang bertahan di pabrik baja dapat dievakuasi saat Moskow mengalami kemunduran diplomatik selama invasinya ke Ukraina.

Swedia belum lama ini menyusul Finlandia untuk mencari keanggotaan NATO.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved