ADV Pemkab Pohuwato

Pemkab Pohuwato Perpanjang PKS dengan Unhas Makassar

Perpanjangan itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Pohuwato,

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Ist
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dengan Rektor Universitas Hasanudin Makassar, Jamaluddin Jompa, di ruang rapat A lantai 4, Unhas, Selasa, (10/5/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato kembali memperpanjang perjanjian kerja sama (PKS) dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan. 

Perpanjangan itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga dengan Rektor Universitas Hasanudin Makassar, Jamaluddin Jompa, di ruang rapat A lantai 4, Unhas, Selasa, (10/5/2022).

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa PKS yang akan berlangsung selama tiga tahun ke depan itu, memuat kesepakatan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan SDM, dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu sekaligus menyukseskan program merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM). Selain itu, juga ikut menyukseskan program bakti sosial sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing.

Dalam sambutannya Bupati Saipul Mbuinga mengatakan, penandatanganan ini dilakukan karena secara ril, banyak kegiatan pihaknya yang menggandeng pihak Unhas. 

Sebut saja beasiswa kedokteran, lalu juga kegiatan-kegiatan baksos dan pengabdian masyarakat lainnya.

”Yang terbaru kami baru saja melaksanakan bakti sosial operasi bibir sumbing gratis bekerja sama dengan fakultas kedokteran gigi dan mulut Unhas, kegiatan ini sangat sukses dan mendapat animo dari masyarakat, sehingga ke depan akan kami rencanakan lagi”, ungkap Saipul. 

Ada juga kata program Satu Dokter Satu Kecamatan, diwujudkan dengan mengirim para mahasiswa belajar ke Unhas. “Saat ini beberapa dokter spesialis kami adalah juga alumni dari Unhas,” beber Saipul. 

Memang menurut dia, mewujudkan Pohuwato sehat menjadi tantangan tersendiri. Sebab, daerah tersebut dibilang masih baru, yakni terbentuk pada 2003. 

Kendati, daerah tersebut memiliki luasan 4000-an Km persegi. Masyarakat yang terbagi dalam 13 kecamatan serta 101 desa dan 3 kelurahan itu sangat butuh akses kesehatan. 

“Tentu hal ini membutuhkan sarana dan prasarana kesehatan memadai serta kuantitas dan kualitas SDM kesehatan yang mesti semakin baik sesuai dengan perkembangan penduduk yang hingga tahun 2021 terus naik menjadi 152.369 jiwa,” tutup Saipul. 

Sementara itu, Rektor Unhas, Jamaluddin Jompa mengucapkan terima kasih karena Saipul memperpanjang kerja sama tersebut. 

Menurut rektor yang baru dilantik tersebut, bahwa pihaknya sudah mengenal baik Kabupaten Pohuwato. 

”Insyaallah kerja sama ini bisa berjalan sukses, sehingga apa yang diharapkan pemda dan masyarakat Pohuwato bisa terwujudm,” tegs Jamaluddin Jompa. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved