Lebaran Ketupat Gorontalo

Nasi Bulu dan Dodol Laris di Lebaran Ketupat

Suasana Ramai di Kabupaten Gorontalo pada perayaan lebaran ketupat membuat masyarakat yang menetap di bahu jalan Trans Limboto

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com
Pedagang nasi bulu di Jalan Trans Limboto diserbu pengunjung 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Suasana Ramai di Kabupaten Gorontalo pada perayaan lebaran ketupat membuat masyarakat yang menetap di bahu jalan Trans Limboto, Desa Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, menganggapnya sebagai peluang usaha.

Mereka menjajakan dodol, nasi bulu dan sate di emperan ruas jalan Trans Limboto.

Seperti dituturkan Amir, masyarakat asal Isimu Kecamatan Tibawa, daripada harus bermacet-macetan di jalan menuju rumah keluarga untuk mendapatkan nasi bulu, lebih baik mampir di pingiran jalan yang menjajakan kuliner yang pas di tradisi ini.

"Dari pada lelah harus melewati macet hanya untuk nasibulu dan dodol, lebih baik beli saja," tutur Amir kepada TribunGorontalo.com, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Kapan Pertama Kali Perayaan Ketupat di Gorontalo?

Menurutnya, harga dodol lumayan murah, hanya merogoh 20 ribu, pengunjung sudah dapat empat bungkus dodol.

"lumayanlah buat anak-anak di rumah" kata dia.

Hal senada disampaikan Sunarti, warga Kota Gorontalo, yang mengaku sedari pagi dirinya mencari nasi bulu di rumah- rumah keluarga.

"Alhamdulillah di emperan jalan ada yang menjual nasi bulu dengan harga 30 ribu sudah dapat satu ujung. Lumayan nasi bulu di lokasi ini dijual memang masih panas, sehingga tiba dirumah nanti masih sedap rasanya," ucap Sunarti.

Iman Umar sebagai penjual nasi bulu mengatakan, menjual nasi dilakoninya setiap lebaran ketupat tiba, jadi terhitung setahun sekali.

Penjualan nasi bulu ini bermodalkan lima karung beras (lima koli), selama dua hari penjualan. Nasi bulu yang dijual hari ini kurang lebih 115 ujung, untuk harga per ujung itu 30 ribu rupiah.

"Alhamdulillah sejak pagi tadi 115 ujung nasibulu berhasil terjualkan," tandasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved