Konflik Rusia vs Ukraina

Jawab Tuduhan Putin, Ukraina Tak Berencana Membunuh Jurnalis Rusia

Barat berusaha menghancurkan Rusia. Tuduhan itu disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (25/4/2022).

Editor: lodie tombeg
kompas.com
Vladimir Putin 

TRIBUNGORONTALO.COM - Barat berusaha menghancurkan Rusia. Tuduhan itu disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (25/4/2022).

Putin menuntut jaksa mengambil tindakan tegas atas plot yang dibuat oleh mata-mata asing untuk memecah negara dan mendiskreditkan angkatan bersenjatanya.

Berbicara kepada jaksa tinggi Rusia dan diawasi oleh menteri pertahanannya, Putin menuduh Barat menghasut Ukraina untuk merencanakan serangan terhadap wartawan Rusia.

Tuduhan tersebut telah dibantah oleh Kiev.

Putin mengatakan penerus utama KGB era Soviet, Layanan Keamanan Federal (FSB), pada Senin telah mencegah upaya pembunuhan oleh "kelompok teroris" terhadap jurnalis TV Rusia, Vladimir Solovyev.

"Mereka telah pindah ke teror - untuk merencanakan pembunuhan jurnalis kami," kata Putin tentang Barat, dikutip dari CNA.

Putin, mantan mata-mata KGB yang telah memerintah Rusia sebagai pemimpin tertinggi sejak hari terakhir tahun 1999, tidak segera memberikan bukti untuk mendukung pernyataannya dan Reuters tidak dapat segera memverifikasi tuduhan tersebut.

Kepala FSB Alexander Bortnikov mengatakan sekelompok enam warga negara Rusia neo-nasionalis telah merencanakan untuk membunuh Solovyev, salah satu jurnalis TV dan radio paling terkenal di Rusia - atas perintah Layanan Keamanan Negara (SBU) Ukraina.

SBU membantah tuduhan itu, yang katanya fantasi yang dibuat oleh Moskow.

"SBU tidak memiliki rencana untuk membunuh V Solovyev," katanya dalam sebuah pernyataan.

Solovyev, pembawa acara talk show yang tamunya sering merendahkan Ukraina dan membenarkan tindakan Moskow di sana, berterima kasih kepada FSB.

Rusia Jadi Target

Putin mengatakan Barat telah menyadari bahwa Ukraina tidak bisa mengalahkan Rusia dalam perang sehingga telah pindah ke rencana yang berbeda - penghancuran Rusia itu sendiri.

"Tugas lain telah mengemuka: Untuk memecah masyarakat Rusia dan menghancurkan Rusia dari dalam," kata Putin.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved