Penjabat Bupati Boalemo 2022

Ini Tugas dan Wewenang Penjabat Bupati Boalemo

Sebanyak tiga nama calon Penjabat Bupati Boalemo di Provinsi Gorontalo telah mengusulkan ke Kementerian Dalam Negeri.

Editor: lodie tombeg
Dinkominfotik Pemprov Gorontalo
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi wakilnya Idris Rahim saat memberikan keterangan pers usai buka puasa bersama mantan pejabat Pemprov Gorontalo di RM Meranti, Bone Bolango, Minggu (24/4/2022). 

TRIBUNGORONTALO, Gorontalo - Sebanyak tiga nama calon Penjabat Bupati Boalemo di Provinsi Gorontalo telah mengusulkan ke Kementerian Dalam Negeri.

Kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, ada Handoyo Sugiharto, Risjon Sunge dan Syukri Botutihe. “Kita sudah serahkan ke Mendagri untuk ditetapkan siapa yang paling cocok,” beber Rusli.

Tiga nama kandidat Pj Bupati Boalemo:

1) Handoyo Sugiharto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Gorontalo

2)  Risjon Sunge, Kepala Dinas Koperasi UMK Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Gorontalo

3) Sukri Botutihe, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Gorontalo

Pj akan memimpin Boalemo sampai dilantik bupati definitif yang terpilih melalui pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 2024.

"Untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota yang berakhir masa jabatannya tahun 2022 sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dan yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2023 sebagaimana dimaksud pada ayat (5), diangkat penjabat gubernur, penjabat bupati, dan penjabat wali kota sampai dengan terpilihnya gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota melalui pemilihan serentak nasional pada tahun 2024," demikian Pasal 201 Ayat (9) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Dalam UU Pilkada juga disebutkan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur, diangkat penjabat gubernur yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi madya sampai dengan dilantiknya gubernur definitif.

Sementara, untuk mengisi kekosongan jabatan bupati/wali kota, diangkat penjabat bupati/wali kota yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama sampai dengan pelantikan bupati dan wali kota.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved