ADV Pemkab Pohuwato

Bupati Pohuwato Ikuti HOD 2022 Secara Daring bersama Forkopimda

“Dengan semangat otonomi daerah, kita wujudkan ASN yang proaktif dan berakhlak dengan membangun sinergi pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Istimewa
Saipul Mbuinga Bupati Pohuwato mengikuti Peringatan ke-26 Hari Otonomi Daerah (HOD) 2022. 

TRIBUNGORONTALO. COM, Gorontalo – Saipul Mbuinga Bupati Pohuwato mengikuti Peringatan ke-26 Hari Otonomi Daerah (HOD) 2022. Acara yang digelar secara virtual itu diikuti pula oleh Suharsi Igirisa, Wakil Bupati Pohuwato, dan Kapolres serta Dandim, Senin (25/4/2022). 

Adapun tema HOD tahun ini adalah “Dengan semangat otonomi daerah, kita wujudkan ASN yang proaktif dan berakhlak dengan membangun sinergi pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia emas 2045”.

Tampak hadir juga dalam zoom meeting tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro. 

Dalam kesempatan tersebut, Saipul mengungkapkan, jika peringatan ini adalah kesempatan refleksi pemerintah pusat dan daerah, dalam mengawal kebijakan otonomi daerah. 

“Salah satu tujuannya adalah mengingatkan kembali atas komitmen kita bersama dalam mewujudkan pemerintahan daerah yang baik, yang bersih, transparan, akuntabel dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas Saipul. 

Menurutnya, ASN harus proaktif dalam membangun sinergitas pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia tahun 2045.

Mengutip apa yang dijelaskan Suhajar Diantoro, Saipul menjelaskan jika tujuan dari otonomi adalah agar pemerintah daerah memiliki kewenangan penuh dalam mengurus daerahnya. 

Lalu, menjadikan daerah mandiri dengan menggali potensi sumber daya. Semua itu tentu, agar pendapatan asli daerah (PAD) dapat digenjot untuk pemerataan pembangunan. 

“Intinya, setelah 26 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya IPM, bertambahnya PAD, dan fiskal daerah,” ungkap Saipul. 

Ia pun berharap, peringatan HOD tahun ini berdampak baik terhadap kemajuan Pohuwato. 

“Olehnya kebersamaan dari kita semua sangat diharapkan dalam rangka memajukan daerah ini,” tutup Saipul. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved