Arus mudik Gorontalo

Breaking News: Jelang Arus Mudik, Terminal Dungingi-Gorontalo Lesu

Dari 70-an bus yang ada di terminal tersebut, hanya ada 12 bus yang berangkat menuju sejumlah kota. Itupun menurut Ahmad Paneo, pemilik agen bus,

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Risman
Bus di Terminal Tipe A Dungingi, Kamis (7/4/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo -- Menjelang arus mudik lebaran 2022, Terminal Tipe A Dunging di Jalan Beringin, Kelurahan Huangobotu, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo terpantau lesu.

Dari 70-an bus yang ada di terminal tersebut, hanya ada 12 bus yang berangkat menuju sejumlah kota. Itupun menurut Ahmad Paneo, pemilik agen bus, setiap mobil yang berangkat tidak terisi penuh. 

Ia merincikan, per Kamis (7/4/2022), ada tiga bus yang berangkat dari Gorontalo menuju Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Tiga bus itu bernama Bahagia I, Delima I, dan Rajawali I. Ketiganya kata Ahmad hanya memuat 10-12 penumpang. Artinya, hanya ada sekitar 30-an penumpang yang berangkat dari Gorontalo ke Manado. 

Selanjutnya ada tiga bus dari Gorontalo menuju Bitung, Sulut. Masing-masing Gorontalo Indah, Veronika, dan Bintang Terang. Jika diakumulasi, hanya ada 50-an penumpang yang dibawa oleh tiga bus tersebut. 

Sementara menuju Kotamobagu, Sulut, ada dua bus yang berangkat. Dua bus itu hanya mengangkut belasan penumpang saja. 

Lalu dari Gorontalo menuju Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) masing-masing.  tiga bus. 

Jika ditotal, dari enam bus yang berangkat ke dua kota tersebut, jumlah penumpangnya hanya mencapai 50-an orang. 

"Jadi ini memang sepi, Pak." ungkap Ahmad. 

Terminal Tipe A Dungingi merupakan satuan pelayanan di bawah Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXI Provinsi Gorontalo, Kementerian Perhubungan. 

Tercatat, ada 70 bus yang beroperasi di tempat ini. Bus-bus itu terbagi dalam lima tujuan, yakni Gorontalo-Manado 14 bus, Gorontalo-Bitung 20 bus, Gorontalo-Kotamobagu 7 bus, Gorontalo-Palu 25 bus, Gorontalo-Makassar 2 bus. 

Masing-masing bus tersebut menurut Ahmad, mampu mengangkut 25 hingga 30 penumpang. Namun, hari ini hanya ada 12 bus yang berangkat, dengan masing-masing mobil hanya diisi oleh 10-15 penumpang. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved