Penentuan 1 Ramadhan

Sidang Isbat Hari Ini: Gorontalo Pantau Hilal di POB Kwandang dan Rooftop Menara Keagungan

POB Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara dan Rooftop Menara Keagungan, Kabupaten Gorontalo menjadi dua lokasi yang dipilih untuk melihat lihal.

Editor: lodie tombeg
Tribunnews/Lendy Ramadhan
Kepala Bidang Urusan Agama dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Purwanto melakukan pemantauan hilal di lantai tujuh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (5/5/2019). Pemantauan tersebut untuk menentukan awal Ramadan 2019. 

TRIBUNGORONTALO.COM - POB Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara dan Rooftop Menara Keagungan, Kabupaten Gorontalo menjadi dua lokasi yang dipilih untuk melihat hilal di Provinsi Gorontalo pada Jumat (1/4/2022) petang.

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Ramadhan 1443 Hijriah pada petang ini . Sidang akan dilangsungkan Kementeran Agama, Jakarta, dengan didahului pemaparan posisi hilal oleh tim unifikasi kalender hijriah Kemenag.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, menjelaskan bahwa sidang Isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, kata Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan jatuh pada Jumat (1/4/2022) atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah sekitar pukul 13.24 WIB.

“Pada hari rukyat, 29 Syakban 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," kata Adib dilansir dari siaran pers di laman Kemenag, Jumat (25/3/2022). Adib mengatakan, awal Ramadhan 1443 Hijriah masih menunggu hasil rukyatul (pemantauan) hilal.

Kemenag sendiri telah menetapkan 101 lokasi titik pemantauan hilal di seluruh Indonesia. Pemantauan hilal akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag kabupaten/kota, bekerja sama dengan peradilan agama dan ormas Islam serta instansi lain di daerah setempat.

“Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan sidang isbat awal Ramadhan 1443 Hijriah” jelas Adib.

Berikut daftar 101 lokasi pemantauan hilal awal Ramadan 1443 Hijriah:

Provinsi Aceh

1) POB Chiek Kuta Karang

2) Tugu 0 KM

3) Bukit Blang Tiron

4) Pantai lhokseumawe

5) POB Suak Geudubang

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved