Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung, 2 Resting Area Jual Produk UMKM

Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung yang membentang 13,65 kilometer akan diresmikan Presiden Joko Widodo.

Editor: lodie tombeg
Tribun Manado
Jalan Tol Manado-Bitung 

TRIBUNGORONTALO.COM, Manado - Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung yang membentang 13,65 kilometer akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat (25/2/2022) sore. Hal ini disampaikan Direktur Bisnis PT Jasa Marga Tbk Mohamad Agus Setiawan, Rabu (23/2/2022) malam.

"Peresmian dilaksanakan pada pukul 15.00 Wita," ujar Agus. Dengan beroperasinya seksi terakhir dari jalan tol sepanjang 39,9 kilometer ini, maka Tol Manado-Bitung telah siap beroperasi sepenuhnya. "Sepekan setelah diresmikan, ruas ini akan beroperasi dengan tarif," ujar Agus.

Seksi pamungkas ini sekaligus melengkapi dua seksi sebelumnya sepanjang 26,35 kilometer yang sudah lebih dahulu dioperasikan pada tahun 2020. Seksi 2B Danowudu-Bitung telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) pada awal Januari 2022, menyusul Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang diberikan Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR.

250222-Tol
Pintu Tol Manado-Bitung

Ketersambungan secara penuh Tol Manado-Bitung ini diharapkan mampu memberikan dampak positif pada peningkatan volume lalu lintas dengan mengacu pada tingkat kelayakan sesuai business plan (rencana bisnis) pada Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).

Jalan Tol Manado-Bitung juga diharapkan dapat memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Manado dan Bitung. Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 1,5 jam, maka waktu tempuh melalui Tol Manado-Bitung hanya sekitar 30 menit saja.

Sehingga, dapat menciptakan efisiensi mobilitas orang maupun barang. Tol Manado-Bitung dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

- Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer yang dibangun Pemerintah

- Seksi 2 Airmadidi-Bitung 25 kilometer yang dibangun PT Jasamarga Manado-Bitung (JMB)

Dua Resting Area

Direktur Utama JM Charles Lendra mengungkapkan, tol perdana di Sulawesi Utara ini akan dilengkapi dengan dua resting area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di Jalur A dan Jalur B.

"Saat tengah finalisasi detail engineering design (DED)-nya," ujar Charles. Rest area ini, tambah Charles, akan mengakomodasi sebanyak 30 persen usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan 70 persen lainnya non-UMKM. Pemenuhan kewajiban UMKM ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2021 tentang perubahan keempat atas peraturan pemerintah Nomor 14 Tahun 2005 tentang jalan tol.

"Untuk mengakomodasi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Badan Usaha harus mengalokasikan lahan paling sedikit 30 persen dari total luas lahan area komersial untuk usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah," seperti dikutip dalam Pasal 7A poin 2.

Pembangunan rest area ini sangat penting guna meningkatkan layanan kepada pengguna jalan tol yang menurut Charles terus menunjukkan tren positif. Kinerja Seksi 1 Manado-Airmadidi pada Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 lalu, dilintasi 9.600 kendaraan per hari. Lalu lintas harian rata-rata (LHR) ini naik dibandingkan pada masa normal yang mencapai sekitar 5.000 kendaraan per hari.

Dari pencapaian ini, JMB optimistis ketika seluruh ruas beroperasi, LHR akan mencapai 12.900 kendaraan per hari sesuai dengan target PPJT. Apalagi jika Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, perumahan, pelabuhan, bandar udara yang perannya sangat penting, dibangun dan terkoneksi segera untuk mendapatkan manfaat dari kehadiran tol ini. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diresmikan Jokowi Jumat Sore, Tol Manado-Bitung Akan Dilengkapi 2 Rest Area"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved