IAIN SULTAN Amai Gorontalo Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Jadwal dan Tahapan Seleksi

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo mulai melaksanakan tahapan awal proses seleksi penerimaan mahasiswa.

Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo
Kepala Sub Bagian Akademik IAIN Sultan Amai Gorontalo, Sofyan Mustafa 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo mulai melaksanakan tahapan awal proses seleksi penerimaan mahasiswa/i baru untuk tahun 2022. Dari proses pengisian hingga registrasi ulang yang dinyatakan lulus, tahapan-tahapan yang akan dihadapi oleh calon mahasiswa baru tersebut.

Ketiga jalur seleksi yang digunakan dalam penerimaan yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Seleksi Lokal Mandiri.

Kepala Sub Bagian Akademik IAIN Sultan Amai Gorontalo, Sofyan Mustafa menjelaskan, jalur SPAN-PTKIN itu khusus bagi siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau sederajat untuk siswa kelas terakhir tahun 2022.

Walaupun belum memasuki pengumuman kelulusan, siswa sudah bisa melakukan pengisian PDSS atas rekomendasi pihak sekolah melalui www.span-ptkin.ac.id, tanpa rekomendasi dari sekolah.

Siswa yang bersangkutan tidak bisa mendaftar, jadi dimohon pihak sekolah dapat membantu adik-adik siswa yang akan mendaftar di jalur SPAN-PTKIN. Setelah direkomendasikan, siswa sudah bisa memilih jurusan untuk mendaftar di SPAN-PTKIN dengan biaya pendaftaran gratis tidak dipungut biaya apapun karena ditanggung pemerintah.

Mustafa melanjutkan, untuk jalur seleksi UM-PTKIN untuk siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau sederajat lulusan tahun 2020,2021 dan 2022, untuk UMP-TKIN dia harus ujian secara online, pendaftaran melalui www.um-ptkin.ac.id dengan biaya pendaftaran Rp 200.000.

Terakhir jalur Seleksi Lokal Mandiri itu bukan seleksi nasional, seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh IAIN Sultan Amai Gorontalo untuk siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau sederajat.Pendaftaran melalui www.pmb.iaingorontalo.ac.id dengan biaya pendaftaran Rp 250.000 .

Berikut jadwal pelaksanaan dari masing-masing tahapan seleksi :

1. Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN)

-Pengisian & Verifikasi PDSS : 07-28 Februari 2022

-Pendaftaran Siswa : 04-31 Maret 2022

-Pelaksanaan Seleksi : Tahap 1 : 04-07 Maret 2022

Tahap 2 : 09-11 April 2022

-Pengumuman Hasil Seleksi : 15 April 2022

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved