Israel Berubah di Awal 2022, Tiga Ledakan Guncang Jalur Gaza

Jalur Gaza kembali membara di awal tahun 2022. Israel memulai awal tahun dengan melancarkan serangan udara.

Editor: lodie tombeg
POOL PHOTO/MAHMUD HAMS via AP
KOBARAN API - Api ledakan di kantor media Al Jazeera dan Associated Press di Gaza, setelah serangan udara Israel pada Sabtu (15/5/2021). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Tel Aviv  – Jalur Gaza kembali membara di awal tahun 2022. Israel memulai awal tahun dengan melancarkan serangan udara di Jalur Gaza. Melansir CBS News, serangan tersebut dilancarkan pada Minggu (2/1/2022) pagi waktu setempat.

Serangan itu diklaim menyasar target milisi di sana. CBS News melaporkan, ada tiga ledakan di Khan Younis, wilayah selatan Jalur Gaza, dan derum sejumlah jet tempur terdengar di atas kepala.

Sejauh ini, belum ada laporkan korban akibat serangan udara Israel di Jalur Gaza tersebut. Militer Israel mengeklaim, serangan tersebut menargetkan fasilitas pabrik roket dan pos militer milik Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email Israel juga menyalahkan Hamas atas setiap kekerasan yang berasal dari daerah kantong Palestina tersebut. Serangan yang dilancarkan Israel itu selang sehari setelah sejumlah roket diluncurkan dari Jalur Gaza ke Israel.

Baca juga: AS-Jepang-Israel Menentang PBB, Kembangkan Senjata Robot

Militer Israel menuturkan, serangan itu merupakan pembalasan atas dua roket yang ditembakkan dari Gaza pada Sabtu (1/1/2021) yang mendarat di lepas pantai Israel tengah. Tidak jelas apakah roket-roket itu dimaksudkan untuk menghantam Israel.

Tetapi, kelompok-kelompok milisi yang berbasis di Gaza sering melakukan uji coba rudal ke arah laut. Tidak ada laporan korban akibat peluncuran roket dari Jalur Gaza tersebut.

Ini Alasannya Peluncuran roket dan serangan udara Israel ke Jalur Gaza merupakan kekerasan terbaru sejak kedua belah pihak menyepakati gencatan senjata pada Juni 2021.

Israel dan Hamas saling jual beli serangan selama 11 hari dimulai pada Mei. Namun, kedua belah pihak akhirnya menyepakati gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir.

Hamas mengatakan, Israel tidak mengambil langkah serius untuk meredakan blokade yang diberlakukan di Jalur Gaza. (Tribunnews)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Israel Awali Tahun 2022 dengan Serang Jalur Gaza"


Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved