Ketua PWI Pusat Atal S Depari Bangga Bisa Pakai Karawo Gorontalo

Atas S Depari tampak menggunakan karawo Gorontalo berwarna hijau. Ia mengkombinasikan pakaian itu dengan sebuah upiya karanji (songkok) khas Gorontalo

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Atal S Depari, Ketua PWI Pusat. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat Atal S Depari nampak bahagia bisa menggunakan karawo Gorontalo. 

Atas S Depari tampak menggunakan karawo Gorontalo berwarna hijau. Ia mengkombinasikan pakaian itu dengan sebuah upiya karanji (songkok) khas Gorontalo. 

"Saya bangga pakai pakaian adat Gorontalo," kata Atal usai memberikan Kuliah Umum di gedung rektorat L.4 Kampus Universitas Negeri Gorontalo, Selasa (24/1/2023).

Adapun kedatangan Atal adalah menghadiri  Konferensi Provinsi (Konferprov) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gorontalo periode 2023-2027.

Konferprov berlangsung di Gedung Rektorat Lantai IV Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Selasa (23/1/2023) dan akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari.

Kerajinan budaya Gorontalo Karawo sudah dikenal sejak abad 18. 

Karena itu, karawo ini disebut kerajinan khas yang harus dilestarikan. 

Tidak heran, pada Festival Karawo 2022 lalu, pemerintah menginisiasi seni budaya Gorontalo Karawo jadi warisan budaya dunia. 

Karawo jika diartikan, “Ka” adalah kakayita atau dalam bahasa Indonesia saling kait. “Ra” adalah raranteya atau saling berantai. Sedangkan “Wo” adalah wowoala atau saling pisah. 

“Pekerjaan menyulam dilaksanakan dengan cara mengaitkan benang satu ke benang yang lain dan berantai. Apabila salah dalam mengerjakannya, benang tersebut bisa dipisahkan atau dibuka kembali,” dilansir dari situs Warisan Budaya Kemendikbud, Rabu (10/8/2022). 

Biasanya, mengerjakan karawo adalah cara ibu-ibu dan anak-anak jaman dulu saat mengisi waktu senggangnya. Hasilnya, tentu untuk kebutuhan sendiri. 

Kini, seni budaya kebanggan Gorontalo itu, sudah diproduksi dan pasarnya hingga ke mancanegara. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved