Pemkab Bone Bolango

Merlan Uloli Terkejut Kala Tahu Ribuan Anak di Bone Bolango Berstatus Stunting

Secara rinci, jumlah anak stunting di Kabupaten Bone Bolango sejumlah 1.317 anak. Jumlah itu terbagi di 22 desa dan tersebar di delapan kecamatan.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Data itu sesuai catatan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda). 

TRIBUNGORONTALO.COM - Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S Uloli terkejut kala tahu ribuan anak di wilayah itu berstatus stunting. 

Secara rinci, jumlah anak stunting di Kabupaten Bone Bolango sejumlah 1.317 anak. Jumlah itu terbagi di 22 desa dan tersebar di delapan kecamatan.

Data itu sesuai catatan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda).

Menurut Wabup Merlan, selama kunjungan di berbagai daerah lokus stunting di tahun sebelumnya, beberapa desa justru tak ditemukan kasus stunting.

"Waktu kunjungan itu, hanya sedikit anak penderita stunting, bahkan di Bone pesisir sana ada nol kasus," jelas Merlan dalam rapat bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting di Kantor Bupati Bone Bolango, Rabu (18/1/2022).

Karena itu, Ketua IWAPI Bone Bolango ini meminta pihaknya serius dalam menangani persoalan stunting.

Dia menilai tak berguna mengadakan pertemuan apabila tak ada implementasi nyata di lapangan.

"Kita ini terlalu banyak pertemuan, bicara berapi-api. Terus apa yang bisa kita berikan untuk anak-anak di sana?" ucap Merlan dengan suara meninggi.

Sejatinya, kasus stunting di Bone Bolango mengalami penurunan cukup signifikan.

Jika tahun 2021 persentase stunting mencapai 10,26 persen, tahun 2022 menurun hingga 9,66 persen.

Koordinator Koordinator Seksi Perencana sosial dan pembangunan Manusia Bappeda, Adrianto Pakaya mengatakan, data itu didasarkan elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis masyarakat (e-PPGBM) disandingkan 20 indikator esensial.

"Itu untuk menyasar desa mana yang tertinggi prevalensinya berdasarkan data Analisis Situasi," ujar Adrianto kepada TribunGorontalo.com, Rabu (18/1/2022).

Adrianto menjabarkan Analisis Situasi (Asit) sebagai gambaran situasi data di Kabupaten Bone Bolango berdasarkan sasaran indikator data e-PPGBM di Dinas Kesehatan.

Selain itu, Asit didasarkan hasil dari tim pendamping keluarga BKKBN.

Dia juga menyebutkan bahwa semua desa di Kabupaten Bone Bolango memiliki masalah stunting.

Akan tetapi, pihaknya memfokuskan penurunan pada ranking tertinggi. Maka dari itu, diperoleh data lokus stunting di 22 desa.

"Itu berdasarkan kesepakatan dari beberapa OPD yang menangani terkait intervensi sensitif dan intervensi spesifik," ungkap dia. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved