Tekan Dampak Inflasi, Pemerintah Provinsi Gorontalo Rencana Buka Pasar Murah 18 Kali

Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo gelar pasar murah di Taruna Remaja, Minggu (6/11/2022).

TribunGorontalo.com
Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo menggelar pasar murah di Taruna Remaja, Minggu (6/11/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo menggelar pasar murah di Taruna Remaja, Minggu (6/11/2022).

Pasar murah digelar dalam rangka stabilisasi harga kebutuhan pokok dan pengendalian inflasi daerah serta menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Turut disediakan 2500 kupon dibagikan kepada masyarakat, agar dapat digunakan pada pasar murah digelar Minggu (6/11/2022) pagi.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer berencana akan membuka pasar murah sebanyak 18 kali. Di mana, setiap Kabupaten/Kota mendapatkan jatah tiga kali.

Hamka menambahkan, kegiatan ini turut menekan inflasi agar dampaknya tidak terasa bagi masyarakat. Apa itu inflasi?

Mengutip laman resmi Bank Indonesia (BI) , inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

“Mudah-mudahan bermanfaat untuk bapak ibu sekalian. Kami pemerintah selalu menjaga inflasi stabilitas harga, ketika harga naik, maka kita akan melakukan intervensi demi kepentingan bapak ibu sekalian,” ujar Hamka kepada TribunGorontalo.com.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo Risjon Sunge mengatakan, pelaksanaan pasar murah ini menghadirkan delapan komoditi dijual pada pasar murah.

“Pasar murah ini kami menyediakan beberapa komoditi pokok yang dijual atau di subsidi dengan harga murah antaranya, minyak Goreng, telur, rempah-rempah ada bawang rica, ikan beras gula," kata Risjon saat diwawancarai TribunGorontalo.com.

Masyarakat dapat menikmati pasar murah tersebut dengan harga bervariasi.

- Minyak goreng: Rp 10 ribu per liter

- Telur: Rp 10 ribu per 10 butir

- Beras dengan Rp 5 ribu per kg

- Gula Rp 10 ribu per kg

- Ikan tuna Rp 10 ribu per setengah kilo.

Selain subsidi, adapula non subsidi yaitu dari retail modern lainnya.

“Kalo non subsidi itu dari masing masing distributor retail modern seperti hypermart, indomaret dan alfamart,” tambah Risjon.

PJ Gubenur Gorontalo turut memberikan 334 bantuan untuk UMKM, diserahkan secara simbolis kepada para penerima dengan total Rp 334 juta. Setiap orang masing–masing menerima Rp 1 juta. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved