Arti Kata

Apa Itu Halloween? Perayaan yang di Itaewon Korea Selatan Berakhir Pilu, Lebih 150 Orang Tewas

Apa Itu Halloween? Perayaan yang khas dengan kostum dan riasan seram namun di Itaewon, Korea Selatan justru berakhir nahas, lebih 150 orang tewas.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
AFP/Anthony WALLACE via Tribun-Bali.com
Petugas medis, kepolisian, dan tim pemadam kebakaran Korea Selatan saat mengevakuasi korban-korban yang berjatuhan dalam tragedi kerumunan di perayaan Halloween di kawasan Itaewon, Seoul pada Sabtu (29/10/2022) malam waktu setempat. Berdasarkan data kepolisian dan damkar Seoul, Korsel pada Minggu (30/10/2022), sedikitnya 154 orang telah tewas akibat kerumunan di Halloween Itaewon tersebut. Apa itu Halloween? 

TRIBUNGORONTALO.COM - Masyarakat dunia dalam kurun waktu 1 bulan ini dikejutkan oleh dua tragedi besar yang menewaskan hingga ratusan orang.

Belum lama perhatian dunia tertuju pada tragedi maut Stadion Kanjuruhan Malang pada awal bulan ini, kini publik kembali dikejutkan dengan insiden Halloween di Korea Selatan yang juga menewaskan hingga lebih dari 150 orang.

Pada Sabtu (29/10/2022) malam, dikabarkan bahwa ratusan ribu orang memadati wilayah Itaewon, Seoul, Korsel dalam rangka perayaan Halloween.

Nahas, perayaan Halloween di Itaewon itu berakhir mencekam setelah ratusan orang dikabarkan mengalami henti jantung di tengah kerumunan hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Pesta Halloween Itaewon Jadi Tragedi Paling Mematikan di Korsel: Ini Sejarah Festival 2.000 Tahun

Dilansir TribunGorontalo.com dari Korea Herald pada Senin (31/10/2022), terbaru dilaporkan bahwa korban tewas akibat kepadatan dalam tragedi Halloween di Itaewon telah meningkat menjadi 154 jiwa.

Perayaan Halloween di kawasan Itaewon menjadi bencana mematikan Sabtu malam waktu Korsel, ketika kerumunan orang melonjak di gang sempit hingga menewaskan dan melukai ratusan orang.

Sedikitnya 154 orang telah tewas dengan 26 di antaranya adalah warga negara asing (WNA), dan membuat 132 orang lainnya terluka, menurut laporan Badan Kepolisian Metropolitan Seoul serta Markas Besar Kebakaran dan Bencana Seoul pada Minggu (30/10/2022) malam.

Adapun WNA yang tewas adalah orang-orang dari 14 negara antara lain Iran, Uzbekistan, China, Rusia dan Norwegia.

Baca juga: 12 Temuan Awal TPF Koalisi Masyarakat Sipil tentang Pelanggaran HAM di Stadion Kanjuruhan

Polisi memperkirakan sekitar 100.000 orang berkumpul pada Sabtu di Itaewon, sebuah distrik di pusat kota Seoul yang terkenal dengan kehidupan malamnya.

Sekitar pukul 10.40 malam KST. kerumunan melonjak ke gang sempit, meninggalkan orang-orang terjebak di sana selama sekitar satu setengah jam.

Ketika ratusan menemukan diri mereka terperangkap di ruang sempit gang, banyak dari mereka yang tidak bisa keluar meninggal karena mati lemas.

Upaya penyelamatan berlanjut hingga malam.

Baca juga: Klub Liga 3 Gorontalo Persital Talumolo Nyalakan 131 Lilin untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Sejumlah video viral yang muncul menunjukkan petugas medis pertama melakukan CPR pada orang-orang yang tidak sadarkan diri di jalan.

Korea Selatan pun memasuki masa berkabung nasional selama seminggu ke depan untuk para korban kerumunan Halloween Itaewon ini.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved