Lalu Ahmad Zaini Sebut Banyak SDM Perusahaan Air Minum Belum Miliki Sertifikasi Nasional

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesi (Perpamsi) Lalu Ahmad Zaini menyebut masih banyak SDM Air Minum belum memiliki sertifikasi

Penulis: Apris Nawu | Editor: Fajri A. Kidjab
Istimewa
Ketua PP Perpamsi, Lalu Ahmad Zaini melantik Pengurus DPD Perpamsi Provinsi Gorontalo, Jumat (30/9/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Ketua Umum PP Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Lalu Ahmad Zaini menyebut masih banyak SDM Perusahaan Air Minum belum memiliki sertifikasi nasional.

Untuk alasan ini, kata Lalu Ahmad, PP Perpamsi gencar memberikan pembekalan sertifikasi SDM Air Minum melalui pelatihan-pelatihan.

"Kita tahu, masih banyak pegawai PDAM yang belum memiliki sertifikasi kompetensi," ungkap Lalu Ahmad.

"Semua pengurus Perpamsi setiap daerah wajib memiliki sertifikat keahlian."

Diketahui, PP Perpamsi melantik pengurus DPD Perpamsi Provinsi Gorontalo di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Jumat (30/9/2022).

Ahmad menjelaskan, Mapamda sejatinya menjadi ajang untuk mengevaluasi program kerja dan sekaligus mendukung program-program Pengurus Pusat dan Daerah.

"Jadi tujuannya kita bagaimana menyelesaikan berbagai program belum selesai, apalagi masalah air terjadi di masing-masing daerah,” ungkap Lalu Ahmad Zaini.

Sebagaimana kita ketahui air adalah kebutuhan pokok, kebutuhan dasar manusia.

"Tanpa air kita tidak mungkin hidup. Dari itu kami dari PP Perpamsi memberikan apresiasi dan seharusnya mendukung program daerah, pusat supaya selaras," katanya.

Kegiatan kompetensi sertifikasi tingkat muda, lanjut Ahmad, memang sengaja dibuat di daerah-daerah.

"Wilayah Gorontalo, saya sudah menyiapkan sebuah pelatihan tingkat muda, dimana itu adalah salah satu persyaratan untuk menduduki jabatan."

"Supaya biaya murah, kalaw mau di buat di Jawa biaya sangat besar, dari itu kami dari pengurus pusat mengambil keputusan untuk seluruh prosesnya nanti di sini."

"Semua biaya ditanggung PP Perpamsi, hanya lokasi akomodasi dan biaya uji sertifikasi kompetensinya yang ditanggung setiap daerah kota dan kabupaten."

Ahmad meminta  daerah lain mencontohi Pemerintah Kota Gorontalo terhadap pengembangan dan pelayanan air minum di Kota Gorontalo. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved