Pemkab Bone Bolango

Pohon Tua di Bone Bolang Akan Ditebango dan Diganti Tabebuya, Jadi Serupa Jepang

Alasan Pemkab menebang pohon tua dan menggantinya dengan tanaman Tabebuya. Lagian Merlan tak ingin menghilangkan kesan asri Bone Bolango

Penulis: M Husnul Jawahir Puhi | Editor: Wawan Akuba
(KOMPAS.COM/IKA FITRIANA)
Potret pohon Tabebuya yang nanti akan ditanam di sepanjang jalan Bone Bolango, Gorontalo. Instruksi Wakil Bupati Merlan Uloli untuk menanam pohon ini sebagai pengganti pohon tua. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Bone Bolango - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango akan menebang pohon yang tumbuh di sepanjang jalan wilayah itu. 

Namun menurut Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli, pohon yang ditebang hanyalah berkategori tua. 

Selain itu, penebangan pohon juga sebetulnya tidak untuk menghilangkan pohon, melainkan mengganti pohon tersebut dengan jenis Tabebuya

"Pohon-pohon kita ini sudah tua dan layu, maka harus dipotong dan harus ada penggantinya," kata Merlan saat memberikan arahan di Apel Pagi, Senin (26/9/2022).

Saat apel pagi itu, Merlan sekaligus menginstruksikan kepada anggota OPD memulai penanaman bibit pohon Tabebuya

Adapun kata Merlan, kategori pohon tua yang dimaksud adalah yang tumbuh lebih dari 12 tahun.

"Tentunya kita pengurus yang sekarang harus mengganti pohon tua tersebut dengan yang lebih baik lagi," ungkap Merlan.

Hal tersebut menjadikan wilayah Bone Bolango terlihat hijau, indah dan teduh karena pepohonan yang tertata rapi dan terawat.

Alasan Pemkab menebang pohon tua dan menggantinya dengan tanaman Tabebuya. Lagian Merlan tak ingin menghilangkan kesan asri Bone Bolango jika menebang pohon tanpa menggantinya. 

"Kesan itu tak boleh hilang (pemandangan), hanya karena kita menebang pohon kesan itu tak ada lagi, makanya harus ditanam dari sekarang," ujarnya tegas.

Lebih lanjut Merlan mengatakan, tak hanya sekedar pohon saja yang akan ditanam, melainkan bunga-bunga yang indah nan murah juga rencana akan ditanam di bawah pohon-pohon tersebut.

Rencananya bunga-bunga itu akan ditanam di sepanjang jalan memasuki wilayah Bone Bolango.

"Nantinya orang akan terobati dengan adanya penanaman bunga maupun penataan pohon-pohon di sepanjang jalan," tutup Merlan.

Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus) adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar.

 Seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved