Pemkab Pohuwato

Bupati Saipul Buktikan Sendiri Kualitas Beras Pohuwato: Ternyata Bagus

Ia turun bersama sejumlah pihak ke penggilingan padi UD Bina Sarana, Desa Padengo Kecamatan Duhiadaa, Kamis, (22/09/2022).

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Ilustrasi Beras 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Bupati Saipul Mbuinga membuktikan sendiri kualitas beras di Kabupaten Pohuwato.

Ia turun bersama sejumlah pihak ke penggilingan padi UD Bina Sarana, Desa Padengo Kecamatan Duhiadaa, Kamis, (22/09/2022).

Hasilnya kata Saipul, kualitas beras Pohuwato sangat bagus dan dijamin bisa dikonsumsi masyarakat. Pernyataan ini membantah isu buruknya kualitas buruk beras Pohuwato.

Usai menyaksikan langsung proses penggilingan, Saipul makin yakin bahwa memang kualitas beras di daerah berjuluk Bumi Panua itu sangat berkualitas.

“Karena sudah terlanjur kita mendapatkan penilaian atau indeks yang sangat buruk di masyarakat terkait beras lokal Pohuwato, maka ini perlu untuk diluruskan.” ungkap Saipul.

Sebagai bukti beras Pohuwato berkualitas, kata bupati sudah datang tim dari Makassar untuk meneliti air, batang padi, hingga struktur tanah.

“Jadi, ini adalah tantangan kita. Kami mau pak kadis pertanian agar ini dikembangkan dan informasi ini harus merebak di masyarakat.” tukas Saipul. 

Ia berharap, hasil panen Pohuwato bisa dinikmati masyarakat di daerah lain. Sebab memang kualitasnya tidak kalah dari luar daerah berupa Makassar, Palu dan lainnya.

Ia berharap agar pelaku usaha atau pedagang beras di pasar bisa diundang ke tempat penggilingan, sehingga bisa menyaksikan langsung hasil dari beras lokal Pohuwato.

“Kita juga akan turun ke pasar bersama-sama menemui pedagang beras dan mensosialisasikannya. Karena ini sangat luar biasa pengaruhnya, kita dengan bentangan lahan yang sangat luas tentu tidak mau ada image yang buruk bagi beras lokal Pohuwato,” kata bupati.

Sebelumnya, Kadis Pertanian, Kamri Alwi melaporkan, beras lokal Pohuwato kesulitan dijual karena adanya beras dari luar daerah.

Disamping itu ada isu lain yang mengatakan bahwa beras Pohuwato airnya mengandung merkuri. 

Namun setelah dilakukan penelitian oleh tim dari Makassar ternyata tidak benar. advertorial(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved