Imigrasi Gorontalo

Lima Negara Ini Buka Border, Bisa Dikunjungi Warga Gorontalo

Informasi yang dikumpulkan TribunGorontalo.com, enam negara yang paling banyak dikunjungi WNI, kini juga telah membuka border.

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Wawan Akuba
Potret pesawat Garuda Indonesia take off di Bandara Djalaluddin Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Kunjungan ke luar negeri kini kembali bisa dilakukan, terlebih ketika pandemi Covid-19 mulai reda. 

Penutupan border (perbatasan) oleh sejumlah negara, mulai dibuka. Warga Gorontalo pun, bisa kembali melakukan kunjungan ke negara tersebut. 

Informasi yang dikumpulkan TribunGorontalo.com, lima negara yang paling banyak dikunjungi WNI, kini juga telah membuka border. Enam negara itu yakni:

1. Malaysia
Malaysia masih serumpun dengan Indonesia. Letaknya juga tidak terlalu jauh. Bisa dibilang tetangga. Tidak heran, banyak warga Indonesia yang memilih negara ini sebagai destinasi tujuan. Apalagi biaya hidup di negara ini disebut murah. 

2. Singapura
Hampir sama dengan Malaysia, warga Indonesia sangat mudah mengunjungi Singapura, terlebih kini bisa melalui penyeberangan Ferry. Menggunakan kapal ferry tentu akan lebih murah daripada harus menggunakan pesawat terbang. Meski sebetulnya, biaya hidup di Singapura cukup tinggi.

3. Korea Selatan
Negara Korea Selatan masuk daftar negara yang ingin dikunjungi warga Indonesia gara-gara kepopuleran K-Pop dan K-Drama. Apalagi, pembuatan visa Korea cukup mudah dan tidak serumit beberapa negara lainnya.

4. Jepang
Kurang lebih sama dengan Korea Selatan, Jepang juga unggul di komik dan animasi. Ini menyebabkan banyak warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Jepang. Apalagi untuk pendidikan dan sekolah, Jepang jadi incaran mahasiswa. Jepang juga dikenal memiliki banyak tempat ikonik dan tempat kuliner.

5. Thailand
Thailand juga diketahui sebagai negara tetangga Indonesia. Banyak dikunjungi karena biaya hidup terjangkau. Warga Indonesia yang ingin ke Thailand tak perlu visa. Namun syaratnya tidak tinggal lebih dari 10 hari.

Namun sebelum memutuskan untuk mengunjungi lima negara ini, warga Gorontalo sebaiknya mempelajari apa saja yang perlu dipersiapkan. Terutama persoalan dokumen seperti paspor.

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dibawa saat berkunjung ke luar negeri. Dokumen berukuran fisik yang kecil ini jadi sangat penting karena berisi informasi data diri.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved