PLN Gorontalo

Warga Gorontalo Harus Tahu Beda Listrik Prabayar dan Pascabayar

Ada perbedaan mendasar antara listrik pascabayar dan prabayar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Perbedaan listrik prabayar dan pascabayar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Jika dulu sistem kelistrikan hanya menggunakan pascabayar. Kini dengan teknologi dan inovasi PLN, hadir sistem prabayar atau listrik pintar. 

Lalu apa beda kedua sistem ini? Seperti apa cek tagihan? Berikut penjelasannya. 

Listrik Prabayar

Listrik prabayar atau listrik pintar adalah layanan pembayaran listrik yang dilakukan di awal atau menggunakan sistem token. Melalui sistem token, pelanggan bisa mengisi tekanan listrik sesuai dengan kemampuan, mulai dari 20 ribu hingga 1 juta lebih.

Kelebihan listrik prabayar

  • Penggunaan listrik lebih terkendali

Ketika menggunakan token, kamu akan lebih memahami berapa lama listrik akan tahan dengan penggunaan rutin di tempat tinggal kamu untuk setiap token yang kamu beli. Sehingga kamu bisa lebih mengendalikan penggunaan listrik di rumah.

  • Tidak akan disanksi denda pemutusan atau keterlambatan

Pembayaran listrik di tempat kamu tinggal bergantung pada daya listrik yang kamu gunakan. Ketika kamu memutuskan untuk tidak menggunakan untuk sementara waktu, kamu tinggal membiarkan saja dengan tidak membeli token listrik. Selain itu, selama daya listrik (kWh) masih tersisa, tidak ada batas masa aktif.

  • Pembelian sesuai dengan kemampuan

Ketika uang sedang pas--pasan, kamu bisa membeli listrik sesuai dengan kemampuan kamu dan berusaha untuk lebih irit listrik lagi sehingga listrik menyala dalam waktu yang lebih lama.

Kekurangan listrik prabayar

  • Sistem sering terganggu pada jam-jam tertentu

Jika kamu kehabisan listrik di malam hari, pada jam-jam tertentu seperti 23:00-01.00 seringkali pembelian token sedang offline, sehingga kamu harus menunggu sampai sistemnya kembali online. Sebaiknya kamu tidak menunggu sampai listrik benar-benar mau habis untuk berjaga-jaga.

  • Harus disiplin
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved