Asian Mini Football Championship 2023

Tarsius Gorontalo ‘Tarsilo’ Jadi Maskot Asian Mini Football Championship 2023

Maskot Asian Mini Football Championship 2023 adalah Tarsius Gorontalo atau Tarsilo. Dipilih mewakili semangat sportivitas olahraga.

Penulis: Wawan Akuba | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Wawan Akuba
Maskot Asian Mini Football Championship 2023 adalah Tarsius Gorontalo. Satwa endemik Gorontalo ini dinilai mewakili spirit olahraga 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Penetapan Gorontalo sebagai tuan rumah Asian Mini Football Championship 2023 ditandai dengan peluncuran maskot bernama Tarsilo.

“Kami memilih Tarsius Supriatnai sebagai maskot. Maskot ini kami beri nama Tarsilo yang merupakan singkatan Tarsius Gorontalo karena memang spesies ini hanya ada di Gorontalo,” jelas Hamka

Diketahui, tarsius adalah jenis satwa unik dan menarik yang menjadi salah satu primata terkecil di dunia dengan berat maksimum 120 gram. 

Total ada 11 spesies Tarsius di Pulau Sulawesi dan spesies terakhir yang ditemukan pada tahun 2017 adalah Tarsius Supriatnai yang hanya hidup di hutan-hutan Gorontalo.

Baca juga: POPULER: Nou dan Uti Gorontalo Sambut Kedatangan Menpora; Esport Ujung Tombak Ekonomi

Hamka menuturkan, Tarsilo adalah satwa yang memiliki karakter cerdas dan tangkas, cepat dan tepat, waspada dan teliti, komunikatif, serta setia. 

Karakter Tarsilo inilah yang dijadikan sebagai alasan untuk menjadikannya sebagai maskot Asian Mini Football Championship 2023 yang dinilai mewakili spirit olahraga.

“Harapan kita bersama Gorontalo akan menjadi kota olahraga unggulan melalui berbagai kegiatan berskala internasional yang akan diselenggarakan tahun depan,” ujar Penjagub Hamka.

Pada kegiatan itu dilakukan penandatanganan kesepakatan dan komitmen penyelenggaraan Asian Mini Football Championship 2023 antara Pj Gorontalo, Hamka Hendra Noer, dengan Presiden Asian Mini Football Confederation (AMFC), Mohammad Alddausari, yang disaksikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Juga dilakukan penandatanganan dukungan dan komitmen bersama oleh bupati dan wali kota se Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Pembina ESI Gorontalo: Esport Akan Jadi Ujung Tombak Ekonomi Kreatif

Peluncuran Maskot dan logo Gorontalo Bisa Olo sekaligus menjadi tanda bahwa Gorontalo pada 2023 nanti, resmi menjadi tuan rumah Asian Mini Football Championship.

“Semoga ini dapat terlaksana dengan baik, dan memberi manfaat untuk masyarakat dan dunia olahraga di Gorontalo.” tegasnya Hamka yang juga staf Ahli Menpora tersebut. 

Selanjutnya kata Hamka, setelah ini pihaknya akan mulai promosi Gorontalo sebagai tuan rumah Asian Mini Football Championship 2023.

“Promosi dengan memasang iklan di mobil-mobil. Di semua mobil-mobil OPD, kita akan letakan gambar-gambar tarsilo (tarsius Gorontalo) ini agar segera diketahui oleh masyarakat Gorontalo,” tukas Hamka. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved