Capres 2024

Puan Maharani Ingin Temui Muhaimin usai Bertemu Prabowo: Antar Pesan Megawati

Kandidat calon presiden dari PDIP Puan Maharani berencana menemui elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com
Baliho Puan Maharani di Jalan Trans Sulawesi antara Manado-Gorontalo. Kandidat calon presiden dari PDIP Puan Maharani berencana menemui elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Kandidat calon presiden dari PDIP Puan Maharani berencana menemui elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Isu koalisi PDIP, Gerindra dan PKB memunculkan berbagai spekulasi hitungan politik Puan Maharani sebagai capres menghadapi Pilpres 2024.

Buru-buru elite PDIP mengklarifikasi. Partai Puan Maharani tak ingin mengganggu hubungan koalisi Gerindra dan PKB.

Kader Gerindra telah deklarasi Prabowo Subianto sebagai capres. Begitu juga PKB telah mengusung Muhaimin Iskandar sebagai cawapres.

Baca juga: KedaiKOPI Survei Capres Perempuan: Puan Maharani Kalahkan Megawati, Susi, Risma dan Sri Mulyani

Koalisi Gerindra-PKB sudah memenuhi presidential threshold, ambang batas mengusung capres-cawapres yaitu 20 persen kursi parlemen (DPR RI).

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan pihaknya tidak ingin safari politik Puan Maharani merusak hubungan koalisi Gerindra bersama PKB.

Sehingga, PDI-P memutuskan untuk bertemu PKB usai mengunjungi Gerindra di Hambalang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

"Jangan sampai kehadiran Mba Puan itu merusak koalisi Gerindra-PKB. Bukan begitu. Tidak. Oleh karenanya, Mba Puan habis (ketemu) sama Prabowo, (ketemu) dengan Cak Imin," ujar Said saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022).

Said menjelaskan, Puan Maharani direncanakan akan bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin pada Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Duet Puan Maharani dan Prabowo Subianto Sulit Terwujud, Ini Alasan Politisi PKB

Dia mengklaim Puan dan Cak Imin sudah menentukan lokasi pertemuan mereka.

"Lokasinya di mana, kita memang cari momentum yang nyaman, apa di Cak Imin atau di Mba Puan," ucapnya. Kemudian, Said mengatakan Puan akan membawa pesan pokok dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri saat bertemu Cak Imin nanti.

Ada tiga pesan pokok yang dititipkan Megawati. Di antaranya seperti PDIP ingin menunjukkan kepada publik bahwa membangun bangsa ke depan tidak bisa sendiri.

"Tidak ada alasan bagi PDI-P, karena parliamentery threshold kita punya, kita kantongi, PDI-P jumawa sendiri, itu bukan cara-cara PDI-P. Pasti PDI-P melakukan safari. Dari safari itulah kemudian ibu ketum pasti akan melakukan evaluasi-evaluasi," jelas Said.

Said mengatakan, setelah Puan bertemu Cak Imin, barulah PDI-P akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Adapun PDI-P sebenarnya sudah berencana bertemu Golkar, namun batal pekan lalu.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PDI-P Tak Ingin Safari Politik Puan Maharani Rusak Koalisi Gerindra-PKB"

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved