Sidang MPR: Puan Maharani Singgung IKN, Jokowi Sebut Ekonomi Baik tapi Waspada

IKN dan isu ekonomi dilontarkan Puan Maharani dan Jokowi saat pidato Sidang Tahunan MPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Puan Maharani dan Jokowi saat sidang tahunan MPR di Senayan Jakarta, Selasa (16/8/2022). IKN dan isu ekonomi dilontarkan Puan Maharani dan Jokowi saat pidato Sidang Tahunan MPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) jadi penggerak ekonomi, sementara Presiden Joko Widodo minta masyarakat waspada meski ekonomi membaik.

IKN dan isu ekonomi dilontarkan Puan Maharani dan Jokowi saat pidato Sidang Tahunan MPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Puan Maharani berharap, IKN dapat menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan.

"(IKN) Menjadi simbol identitas nasional dan menjadi kota dunia ideal yang dapat menjadi acuan dunia," kata Puan Maharani.

Baca juga: Puan Maharani Menguat, PDIP Tanggapi soal Restu Jokowi bagi Menteri Capres

Puan Maharani melanjutkan, IKN telah menjadi amanat Undang-Undang yang akan dilaksanakan sesuai dengan Peta Jalan serta Pentahapan Pembangunan.

Diketahui, DPR telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara pada Januari 2022.

Oleh karena itu, ia menilai keberhasilan pembangunan IKN membutuhkan perencanaan dan manajemen sumber daya yang sangat baik.

"Selain itu (pembangunan IKN) juga sangat ditentukan oleh dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan seluruh anak bangsa," ujar Puan.

Di sisi lain, Puan berharap semua pihak dapat memaknai pembangunan IKN sebagai agenda bersama dalam membangun ekonomi Indonesia masa depan.

Baca juga: Sekjen PDIP: Megawati Sedang Gembleng Capres dari PDIP, Puan Maharani?

Lebih lanjut, ia juga berharap pembangunan IKN dapat menjadi momentum dalam melaksanakan paradigma pemerataan pembangunan nasional.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan penandatanganan lelang untuk proyek infrastruktur di IKN, Kalimantan Timur, akan dilakukan akhir Agustus 2022, dan setelahnya akan langsung dimulai konstruksi pembangunan fisik.

Fundamental Ekonomi RI Baik

Presiden Jokowi mengklaim fundamental ekonomi Indonesia dalam kondisi yang baik di tengah gejolak ekonomi global.

Meski demikian, ia menilai, Indonesia tetap perlu waspada dan berhati-hati. Ia mengatakan, dunia sedang menghadapi tantangan yang sangat berat, tak terkecuali Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved