Cuaca Hari Ini

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG: Gorontalo-Sulut-Sulteng Hujan Hari Ini dan Besok

Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah perlu waspadai cuaca hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Rabu dan Kamis.

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com
Awan tebal menutupi langit selatan Kota Gorontalo, Rabu (3/8/2022) pagi jelang siang. Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah perlu waspadai cuaca ekstrem hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Rabu dan Kamis (3-4/8/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah perlu waspadai cuaca ekstrem hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Rabu dan Kamis (3-4/8/2022).

Peristiwa tanah longsor, banjir dan pohon tumbang jadi ancaman bagi masyarakat di Gorontalo, Sulut dan Sulteng menyusul cuaca ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringata dini waspada cuaca ekstrem untuk sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Gorontalo, Sulut dan Sulteng.

Baca juga: Cuaca Gorontalo Selasa 2 Agustus 2022 Hari Ini, BMKG: Sumalata hingga Atinggola Hujan Ringan

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, menjelaskan bahwa potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang diakibatkan sirkulasi siklonik.

Berdasarkan analisis cuaca ekstrem BMKG, daerah konvergensi lainnya memanjang dari pesisir selatan Banten hingga Selat Sunda, di Kalimantan Barat, di Kalimantan bagian tengah, di Sulawesi bagian tengah, di perairan barat Bengkulu, di Maluku Utara, di Maluku, dan di Papua.

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG yang dikeluarkan untuk sejumlah wilayah di Indonesia.

Masyarakat di wilayah berikut diimbau waspada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir dalam dua hari ke depan.

Masyarakat yang beraktivitas dan berdomisili di daerah kategori waspada potensi cuaca ekstrem, harus mengantisipasi risiko dampaknya, terutama bencana hidrometeorologi.

Baca juga: Cuaca Gorontalo Selasa 2 Agustus 2022 Besok, BMKG: Cerah hingga Hujan Ringan, Gelombang 0.5 Meter

Bencana hidrometeorologi yang kerap terjadi akibat cuaca ekstrem di antaranya banjir, banjir bandang, gelombang tinggi, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, jalanan licin, genangan, dan rob. 

Pontensi cuaca ekstrem Rabu, 3 Agustus 2022:

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved