Festival Apangi 2022

Catat! Minggu 7 Agustus 2022 Nanti Akan Ada Festival Apangi di Gorontalo

Festival Apangi memang kerap digelar setiap tahun untuk menyambut hari puasa asyura setiap 10 muharam dalam kalender islam.

Penulis: M Husnul Jawahir Puhi | Editor: Wawan Akuba
TribunGOrontalo.com/Ade Puhi
Masyarakat telah mempersiapkan baliho untuk menyambut Festival Apangi pada 7 Agustus nanti. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Dalam menyambut bulan Muharram 1444 H masyarakat Provinsi Gorontalo akan mengadakan Festival Apangi di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Festival Apangi memang kerap digelar setiap tahun untuk menyambut hari puasa asyura setiap 10 muharam dalam kalender islam. 

Sesuai namanya, dalam Festival Apangi masyarakat setempat akan menyediakan kue Apangi untuk disajikan kepada pengunjung. 

"Nanti di setiap depan rumah warga Kelurahan Dembe I akan menyajikan apangi secara gratis," ungkap Rizal Baili Lurah Dembe I saat ditemui Tribun Gorontalo di Kantor-nya.

Adapun terkait kesiapan dari festival apangi tahun ini, pihak perangkat desa maupun pemerintah setempat telah menyiapkan beberapa hal dalam menyambut perayaan 10 Muharram tersebut.

Seperti halnya yang disampaikan Rizal Baili kepada Tribun Gorontalo, bahwa setiap RT yang berada di kelurahan tersebut menyatakan siap dalam penyambutan festival apangi ini.

Selain itu pihak kelurahan juga telah menyurati ke Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalu lintas (Satlantas) terkait pengamanan lalu lintas pada saat festival tersebut berjalan.

"Jalan di kami ini kan sempit, sebelah kiri pegunungan dan kanan-nya lagi danau," lanjut Rizal.

Rizal mengaku pihak yang telah ia surati itu telah mengkonfirmasi dan menyatakan siap membantu dalam agenda festival apangi tahun ini.

"Nanti karang taruna dan perangkat desa setempat akan membantu pihak dishub dan satlantas itu," ujarnya.

Festival apangi ini bermula dari kebiasaan masyarakat ketika menggelar puasa hari Asyura yang bertepatan dengan 10 Muharram.

Pada waktu menjelang berbuka puasa, masyarakat setempat akan mengantar sajian buka puasa ke masjid terdekat.

Sajian tersebut berupa kue khas Gorontalo, yakni Apangi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved