Libuo Gorontalo Tergenang

Enam Langkah Membuat Sumur Resapan Air Hujan Cegah Genangan Berakibat Banjir

Baru-baru ini warga Libuo mengeluhkan genangan air yang mulai merusak rumah mereka. Adanya sumur resapan mencegah air tergenang.

Kolase TribunGorontalo.com dan Kompas.com
Contoh sumur resapan air hujan (kiri), dan rumah warga Libuo tergenang air sisa banjir. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Gorontalo - Baru-baru ini warga Libuo mengeluhkan genangan air yang mulai merusak rumah mereka. Dampak dari banjir itu, halaman rumah mereka tergenang. Akibatnya, lumut mulai menggerogoti dinding rumah. Ada banyak cara dalam menangani meluapnya air yang bisa mengakibatkan banjir, salah satunya dengan membuat sumur resapan air hujan.

Sumur resapan sangat berfungsi pada musim hujan, air hujan yang turun akan terserap ke dalam tanah, dan meminimalisir air berada di permukaan tanah, sehingga air hujan tidak akan tergenang yang berefek pada banjir.

Sumur Resapan Sendiri memiliki berbagai manfaat antaranya mencegah genangan air, menampung sumber air, bisa menjaga kelembapan tanah, dan dapat bermanfaat di kala musim kemarau melanda.

Berikut cara membuat sumur resapan air hujan, dikutip dari Klikhijau.com:

1. Buat lubang sumur dengan diameter 80–100 cm sedalam 1,5 m. Perlu diperhatikan supaya kedalaman ini tidak mencapai atau melebihi muka air tanah.

2. Perkuat dinding sumur, gunakan buis beton, pasangan bata kosong (tanpa plesteran) atau pasangan batu kosong. Hal ini menjaga agar dinding sumur tidak gugur dan longsor.

3. Buatlah saluran water inlet yang mengalirkan air hujan dari talang air ke dalam sumur resapan dengan menggunakan pipa paralon.

4. Buatlah saluran pembuangan water outlet dari sumur resapan menuju selokan. Saluran ini berfungsi mengeluarkan limpahan air saat sumur resapan kelebihan air. Ketinggian pipa pembuangan harus lebih tinggi dari ketinggian permukaan air pada selokan. Hal ini supaya saat hujan deras, air selokan tidak mengalir masuk sumur resapan.

5. Isilah bagian bawah sumur resapan air dengan koral setebal 15 cm.

6. Tutup bagian atas sumur resapan dengan plat beton. Di atas plat beton ini dapat diurug dengan tanah.

Itulah tadi enam langkah dalam mebuat sumur resapan air, semoga musibah banjir yang kerap melanda Provinsi Gorontalo dapat segera diminimalisir. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved