Tokoh Nasional Lirik Pilkada

Menpora Lirik Pilgub Gorontalo, Peluang Duet Rachmat Gobel-Nelson Pomalingo

Menpora Zainudin Amali dan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel serta Nelson Pomalingo ramaikan bursa calon gubernur Gorontalo.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Rachmat Gobel dan Nelson Pomalingo. Menpora Zainudin Amali dan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel serta Nelson Pomalingo ramaikan bursa calon gubernur Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Dua tokoh nasional asal Gorontalo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Aman dan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel ramaikan bursa calon gubernur Gorontalo 2024.

Belakangan ada wacana menduetkan Rachmat Gobel dan Nelson Pomalingo atau pun sebaliknya pada pesta demokrasi 2024.

PPP Gorontalo kukuh mencalonkan Nalson sebagai cagub. Begitu sebaliknya Partai Nasdem menggadang Rachmat maju Pilgub Gorontalo 2024.

Pengamat politik dari IAIN Sutan Amai Gorontalo Hendra Yasin mengatakan, konstalasi pemilu legislatif dan pilkada tentu dua berbeda. Untuk Pileg DPR RI itu ada 3 nama, sementara pilgub hanya satu nama.

200722-Hendra yasin-1
Pengamat politik dari IAIN Gorontalo Hendra Yasin. Menpora Zainudin Amali dan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel serta Nelson Pomalingo ramaikan bursa calon gubernur Gorontalo.

Tidak hanya itu, kata Hendra, caruknya juga berbeda. Jika Nelson hari ini menjabat sebagai Bupati Gorontalo, pada satu sisi RG pernah meraih suara terbanyak di Provinsi Gorontalo untuk ke DPR RI.

Kalau disandingkan dua orang ini menjadi pasangan bakal calon pada pilgub tentu sangat luar biasa.

Rachmat satu tokoh nasional yang pada Pileg 2019 meraih ratusan ribu suara. Bahkan secara RG, sapaan Rachmat Gobel, lebih unggul dibanding caleg dari Partai Golkar seperti Idah Syahidah.

Tentu jika dipasangkan Nelson-RG atau RG-Nelson atau Ketua DPP Nasdem dan Ketua DPW PPP Gorontalo tentu luar biasa.

Hanya saja, kata Hendra, keduanya berpasangan, yang menjadi pertanyaannya siapa yang menjadi cagub dan siapa yang menjadi cawagub.

Berbicara rekomendasi, setahu saya, PPP mengusung Nelson sebagai cagub. Sementara RG juga dicalonkan sebagai cagub juga.

"Bagi saya jika dua tokoh ini dipasangkan tentunya sangat kuat dari sisi pak RG dalam perolehan suara tinggi, dan begitu juga pak Nelson yang menjadi kepala daerah dan ini modal penting. Pak Nelson itu akan maju pilgub dan begitupun dengan pak RG bagi saya ini tokoh nasional yang juga punya potensi untuk jadi gubernur," tutur Hendra. (*)

 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved