Sejarah Bukit Arang Gorontalo, Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Objek wisata Bukit Arang yang terletak di Desa Lonuo Kecamatan Tilong Kabila Kabupaten Bone Bolango tersebut memiliki sisi memacu adrenalin.

TribunGorontalo.com
Area camping Ground di Bukit Arang Desa Lonuo Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Objek Wisata Bukit Arang merupakan wisata alam yang menjanjikan keindahan.

Objek wisata Bukit Arang yang terletak di Desa Lonuo Kecamatan Tilong Kabila Kabupaten Bone Bolango tersebut memiliki sisi pemacu 'adrenalin'.

Pasalnya, wisatawan akan melintasi jalur yang cukup menanjak untuk bisa ke puncak Bukit Arang.

Para wisatawan menempuh jarak 14 km dari Pusat Kota Gorontalo, menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dalam waktu kurang lebih 35 menit.

Sesampai di Desa Lonuo tersebut, para wisata dapat melanjutkan perjalanan hingga ke puncak berjarak 2,5 km, mengunakan kendaraan khusus, seperti roda empat yang didukung 4WD dan roda dua jenis trail.

Terdapat pula satu alat transportasi yang disediakan warga sekitar, yaitu alat berat yang di modifikasi untuk mengangkut para pengujung wisata tersebut.

Dalam kondisi hujan, jalur tersebut nakin susah dilewati karena licin dan kendaraan mudah tergelincir. Terdapat tiga jalur menuju puncak bukit arang tersebut.

Bukit Arang sendiri memiliki ketingian 347 MDPL, pada puncaknya para wisatawan bakal disuguhi pemandangan dan fasilitas lain, diantaranya Spot foto, gazebo, Mushola, kamar mandi umum, dan area camping Ground.

Yang Membedakan Objek Wisata Bukit Arang dengan Objek wisata lainya, di Bukit Arang terdapat fasilitas Olahraga Paralayang, dan beberapa fasilitas seperti sepeda terbang.

Kepala Dinas Pariwisata Bone Bolango Mohamad Yamin Abas mengatakan, untuk objek wisata Bukit Arang sendiri masuk dalam daftar 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indoensia (ADWI) 2022.

"Bukti arang sendiri masuk dalam ajang 50 Desa wisata se-Indonesia, yang diikuti 3.419 Desa se-indonesia yang mengikut kompetisi ADWI itu sendiri," kata Yamin.

Sebelumnya, Bone Bolango merekomendasikan dua desa, yaitu Desa Lonuo dan Desa Bulango Selatan. Namun yang terpilih dalam 50 besar hanya Desa Lonuo Objek Wisata Bukit Arang.

Sejarah Bukit Arang dan Desa Lonuo

Pada tahun 1850 Masehi, nama awal desa ini ada "wangeya", yang artinya "penghubung". Yakni penghubung antara Kabila dengan Mongilio.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved