Sekda Kota Gorontalo Akui Kerajinan Karawo Bisa Mendunia Berawal dari HACF

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Gorontalo bersinergi membuka acara HACF 2022.

Penulis: Apris Nawu | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com/Ist
Sekda Kota Gorontalo menghadiri Opening Ceremony HACF 2022 di Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Rabu (13/7/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Gorontalo bersinergi membuka acara Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) 2022.

Kegiatan Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) mengusung tema “Digitalisasi UMKM Mendukung Gorontalo Bangkit – Go Digital Go Global” bakal berlangsung mulai Rabu-Jumat (13-15/7/2022), di Grand Palace Convention Center.

Kepada awak media, usai mengahadiri pembukaan (HACF) Sekda Kota Gorontalo Ismail Majid mengakui, banyak produk UMKM Kota Gorontalo  yang dihasilkan melalui festival HACF, khususnya kerajinan karawo. Dan itu, kata dia, sudah bukan lagi dikenal di tingkat nasional, melainkan sudah mendunia.

Ismail berharap, UMKM di Provinsi Gorontalo seperti kuliner itu bisa dikembangkan lagi. Hal itu menurutnya akan berdampak membangkitkan ekonomi masyarakat, khususnya di Provinsi Gorontalo.

"Jadi bukan saja karawo ini yang coba dikembangkan. UMKM lainnya, seperti kuliner, tentunya bisa dikembangkan. Olehnya, butuh kerja sama antara dunia usaha dan pemerintah harus saling bahu-membahu, untuk mengembangkan atau meningkkatkan usaha-usaha seperti ini,” ujar Ismail.

"Alhamdulillah, UMKM Kota Gorontalo meningkat 50 Persen dari kegiatan ini (HACF). Semoga ekonomi Gorontalo dapat bangkit kembali," imbuhnya.

Diketahui, Opening Ceremony HACF tersebut dihadiri oleh Rachmat Gobel (Wakil Ketua DPR RI), Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), Destry Damayanti (Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia), dan Hamka Hendra Noer (Pj Gubernur Gorontalo).

Adapun rangkaian kegiatan antara lain, showcasing produk unggulan UMKM, business matching pembiayaan dan penjualan, capacity building UMKM, Seminar Nasional, fasilitasi QRIS, perlombaan bertema pariwisata dan ekonomi kreatif, Edukasi QRIS dan Cinta Bangga Paham Rupiah serta hiburan stand-up comedy dari komika papan atas Indonesia. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved