Pemilu 2024

Waspadai Kecurangan Pemilu 2024, Bawaslu Provinsi Gorontalo Sosialisasi Masyarakat

Guna mewaspadai kecurangan dalam pemilihan umum serentak, Bawaslu Provinsi Gorontalo, akan melakukan upaya pencegahan sejak dini.

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com/ ist
Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Jaharudin Umar 

TRIBUNGORONTALO.COM - Mewaspadai kecurangan dalam pemilihan umum serentak, Bawaslu Provinsi Gorontalo, akan melakukan upaya pencegahan sejak dini.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Jaharudin Umar mengatakan, pencegahan sejak dini untuk mewaspadai kecurangan, tentu Bawaslu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, serta mendorong semua stake holder, agar semangat Bawaslu dalam melakukan pencegahan ini dilakukan secara bersama-sama.

Bawaslu juga mendorong partisipasi masyarakat, seperti yang telah dilakukan mereka sebelumnya, yakni Sekolah Kader Pengawasan Pemilu, Sekolah Kader Pangawas Partisipatif, serta membentuk forum warga, untuk mendorong partisipasi masyarakat, dalam tahapan pengawasan. Seperti halnya majelis taklim atau kelompok lain yang sifatnya relawan.

Partisipasi warga yang terbentuk di tengah masyarakat tentu secara sukarela, nantinya Bawaslu hadir memberikan sosialisasi soal pemilu yang akan dihadapi.

"Untuk sosialisasi, setiap pekan dan setiap bulan Bawaslu turun, untuk melakukan sosialisasi bersama warga. Semisalnya, di Kecamatan Batudaa Pantai, serta Ponelo Kepulauan, dan pada pekan ini kita berencana melakukan sosialisasi pada kelompok disabilitas," tuturnya.

Jaharudin mengatakan, sosialisasi-sosialisasi ini dilakukan Bawaslu, agar semua kelompok lapisan masyarakat agar tau secara jelas bagaimana demokrasi yang baik itu.

"Kita yakin sebagian besar masyarakat kita sudah mengetahui pengawasan Pemilu tetapi hal ini tentu harus terus di ingatkan dan di edukasi agar semangat Pemilu yang bersih dan berkualitas," kata dia.

"Sesungguhnya apa yang dilakukan Bawaslu selama ini, untuk terus meningkatkan partisipasi yang berkualitas." tandasnya. (*)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved