Kebanyakan Anak Usia 18-24 Peroleh Informasi dari TikTok

Terdapat 38 persen orang sering atau kadang-kadang menghindari berita penting itu. Hasil survei ini naik dari 29 persen pada 2017.

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com
Ilustrsi tiktok. Kebanyakan anak muda memperoleh informasi dari TikTok. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Platform TikTok makin digandrungi. Terdapat 38 persen orang sering atau kadang-kadang menghindari berita penting itu. Hasil survei ini naik dari 29 persen pada 2017.

Pemirsa yang lebih muda semakin sering mengakses berita melalui platform seperti TikTok.

Informasi yang diperoleh dari TikTok menjadi andalan anak muda.

Artinya, semakin banyak orang secara selektif menghindari berita penting seperti pandemi Covid-19, invasi Rusia ke Ukraina, dan krisis biaya hidup.

Demikian laporan hasil survei yang dirilis Reuters Institute for the Study of Journalism pada Selasa (14/6/2022).

Dalam Laporan Berita Digital tahunannya, Institut Reuters untuk Studi Jurnalisme mengungkap, sementara mayoritas orang yang disurvei mengonsumsi berita secara teratur, sebanyak 38 persen mengatakan mereka sering atau kadang-kadang menghindari berita penting itu, naik dari 29 persen pada 2017.

Sekitar 36 persen (terutama mereka yang berusia di bawah 35) mengatakan bahwa berita penting tersebut menurunkan kenyamanan suasana hati mereka.

Kepercayaan pada berita juga menurun, dan terendah di Amerika Serikat (AS).

Rata-rata, 42 persen orang mengatakan bahwa mereka mempercayai sebagian besar berita sepanjang waktu. Angka itu telah turun di hampir separuh negara dalam laporan itu dan meningkat di tujuh negara.

"Sejumlah besar orang melihat media sebagai subyek untuk pengaruh politik yang tidak semestinya, dan hanya sebagian kecil yang percaya bahwa sebagian besar organisasi berita menempatkan yang terbaik bagi masyarakat di atas kepentingan komersial mereka sendiri," tulis Direktur Institut Reuters Rasmus Kleis Nielsen dalam laporannya, dikutip dari Reuters.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved