Pemkab Boalemo

Migrasi TV Analog ke Digital, Boalemo Peroleh Bantuan 8.062 STB

Kabupaten Boalemo dipastikan bakal menerima bantuan Set Top Box (STB) sebanyak 8.042 unit. Bantuan ini berasal dari Kementerian Komunikasi.

Penulis: redaksi | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Ronald Rampi
Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Boalemo, Ulkia Kiu. 

Laporan Ronald Rampi, wartawan TribunGorontalo.com


TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta - Kabupaten Boalemo dipastikan bakal menerima bantuan Set Top Box (STB) sebanyak 8.042 unit. Bantuan ini berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Kominfotik) Kabupaten Boalemo Ulkia Kiu mengungkapkan, bantuan yang diberikan tersebut berkaitan dengan program migrasi TV Analog ke TV Digital atau Analog Switch Off (ASO). Menurutnya, pemerintah telah menetapkan pengalihan siaran dari TV Analog ke TV Digital sejak 30 April 2022.

Namun khusus untuk Provinsi Gorontalo, terinformasi masih memperoleh penambahan waktu sekitar hingga Bulan November mendatang.

Untuk itu, Ulkia mengungkapkan, pihak Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Gorontalo bersama sejumlah pimpinan media televisi se Gorontalo telah menggelar pertemuan silahturahmi bersama Penjabat Bupati Boalemo.

"Inti daripada pertemuan itu adalah membahas tentang kesiapan kita Kabupaten Boalemo, serta kesiapan pendistribusi STB oleh pihak perusahaan media televisi," bebernya. Diungkapkannya, STB yang disalurkan itu akan diserahkan langsung kepada warga masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Adapun data KPM itu diambil berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Untuk Boalemo di tahap I ini, kita berolah bantuan kurang lebih 8.062 KPM akan menerima STB. Dan sekali lagi, datanya bersumber dari DTKS. Untuk provinsi Gorontalo secara keseluruhan itu bersumber dari Kementerian Kominfo," kata Ulkia.

Dijelaskannya, nantinya warga masyarakat akan menerima perangkat TV Digital berupa Set Top Box (STB). Bantuan itu akan diantar langsung ke rumah warga penerima atau disebut Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Hanya saja, Ulkia memastikan syarat penerima bantuan tersebut, Yakni adalah para KPM yang mempunyai televisi dan tinggal di wilayah yang terjangkau oleh jaringan internet maupun telekomunikasi. 

Selanjutnya, birokrat asal Kecamatan Mananggu ini menyatakan bahwa di Kabupaten Boalemo memang terdapat beberapa wilayah yang blankspot atau tak terjangkau jaringan internet.

Namun pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk mengantisipasi.

"Persoalan tekhnis semacam itu, nantinya akan kami bahas melalui rapat bersama dinas terpadu guna akan mendapat solusi terbaik," ungkap Ulkia.

Dia pun berharap, agar bantuan tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga penerima bantuan guna memaksimalkan penyebarluasan informasi publik.

"Boalemo prinsipnya siap bersinergi untuk membantu program yang sangat bermanfaat ini. Ini baru tahap I, harapan kami ini akan terus meningkat jumlah pendistribusian bantuannyam agar supaya seluruh warga yang terdaftar dalam DTKS bisa menerima bantuan ini," tutup Ulkia. (*)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved