Konflik Rusia vs Ukraina

Imbangi Kekuatan NATO-AS, Rusia Gunakan Roket Api TOS-2 Rusia

Adu kecanggihan senjata berlangsung dalam perang Ukraina. Mengimbangi senjata NATO, Pakta Pertahanan Atlantik Utara.

Editor: lodie tombeg
Military-Today.com
Truk Ural dan sistem roket penyembur api TOS-2 Thermobaric Rusia. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Moskow - Adu kecanggihan senjata berlangsung dalam perang Ukraina. Mengimbangi senjata NATO, Pakta Pertahanan Atlantik Utara, Rusia menggunakan sistem roket termobarik TOS-2 Tosochka.

Kantor berita TASS mengabarkan kehadiran sistem roket berkemampuan dahsyat itu di lamannya, Sabtu (28/5/2022). TASS mengutip sumber di Kementerian Pertahanan Rusia.

Menurut kantor berita Rusia itu, sistem TOS-2 Thermobaric digunakan untuk melawan posisi pasukan Kiev di dekat kota Kharkiv.

“Sistem TOS-2 digunakan ke arah Kharkiv,” kata sumber TASS seraya, menambahkan banyak sistem baru lainnya saat ini sedang diuji di medan perang di Ukraina.

TOS-2 adalah generasi baru dari sistem roket termobarik TOS-1 Soviet.

Sementara TOS-1 dan TOS-1A didasarkan pada sasis tank tempur T-72, TOS-2 didasarkan pada sasis penggerak semua roda Ural untuk meningkatkan mobilitas.

Sistem baru ini dapat dipersenjatai roket hingga 24.220 mm seperti TOS-1 dan TOS-1A.

Roket-roket tersebut tersedia dalam hulu ledak pembakar asap atau bahan bakar udara. Jangkauan maksimalnya 10 kilometer.

Berbeda dengan TOS-1 dan TOS-1A yang lebih lama, TOS-2 dilengkapi sistem kontrol tembakan digital, penglihatan modern, sistem navigasi, dan sistem perlindungan elektronik dari senjata berpemandu presisi.

Sistem ini juga dilengkapi dengan alat dereknya mandiri, sehingga tidak harus berdekatan dengan kendaraan isi ulang yang terpisah.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved