Maskapai Ini Umumkan Terbang Perdana Tanpa Awak Laki-laki

Maskapai penerbangan bertarif rendah tersebut digawangi oleh tujuh anggota kru yang mayoritas merupakan orang Arab Saudi asli.

Editor: Fajri A. Kidjab
TribunTravel.com
Maskapai Flyadeal 

TRIBUNGORONTALO.COM - Baru-baru ini sebuah maskapai di Arab Saudi menerbangkan pesawat untuk pertama kalinya diterbangkan oleh wanita, dimana pilot, kopilot serta awak kabin merupakan wanita tulen.

Pihak maskapai kemudian mengumukan penerbangan domestik pertamanya dengan awak yang seluruhnya wanita.

Kru maskapai Flyadeal
Kru maskapai Flyadeal

Pengumuman tersebut disampaikan secara resmi melalui Twitter pada akun @flyadeal pada Sabtu (21/5/2022).

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah penerbangan Saudi! #flyadeal mengoperasikan penerbangan pertama dengan awak semua wanita, yang mayoritas adalah orang Saudi dengan pesawat A320 terbaru. Penerbangan 117, terbang dari #Riyadh ke #Jeddah,” tulis akun tersebut yang dikutip TribunTravel melalui laman Arab News, Rabu (25/4/2022).

Maskapai penerbangan bertarif rendah tersebut digawangi oleh tujuh anggota kru yang mayoritas merupakan orang Arab Saudi asli.

Terdapat juga seorang perwira pertama perempuan pada maskapai Flyadeal, yang merupakan warga negara asing.

Sementara itu penerbangan 117 dengan tujuh awak, Yara Jan (23) sebagai kopilot merupakan pilot wanita termuda di Arab Saudi.

Dengan adanya penerbangan ini, wanita Arab Saudi telah membuktikan diri dalam banyak karir yang didominasi pria untuk waktu yang lama termasuk posisi yang berhubungan dengan penerbangan.

Jan mengatakan, dia sangat bangga bisa mengambil bagian dalam momen bersejarah dalam penerbangan bagi wanita Saudi.

 “Sebagai seorang wanita Saudi yang mencoba memimpin negara saya dengan langkah bangga, itu adalah momen kebanggaan dan kegembiraan,” ungkapnya. (*)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved