Jepang Sebar Jet Tempur 'Adang' Pesawat Pembom Rusia-China

Jepang menyebar jet militer setelah pesawat tempur militer Rusia dan China mendekati wilayah udaranya pada Selasa (25/5/2022).

Editor: lodie tombeg
Kompas.com/AP
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menghadiri konferensi pers setelah pertemuan para pemimpin Dialog Keamanan Segiempat (Quad) di kediaman resmi Perdana Menteri di Tokyo, Selasa, 24 Mei 2022. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Tokyo - Jepang menyebar jet militer setelah pesawat tempur militer Rusia dan China mendekati wilayah udaranya pada Selasa (25/5/2022), saat Tokyo menjadi tuan rumah para pemimpin kelompok negara Quad--Amerika Serikat, India, Australia, dan Jepang.

Menteri Pertahanan Jepang menyebut latihan bersama pesawat militer Rusia dan China di dekat Jepang sebagai "provokasi".

“Dua pesawat pembom China bergabung dengan dua pembom Rusia di Laut Jepang (dikenal di Korea Selatan sebagai Laut Timur) dan melakukan penerbangan bersama ke Laut China Timur,” kata Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi pada Selasa (25/5/2022), dilansir dari Al Jazeera.

Lebih lanjut, kata dia, pesawat-pesawat itu tidak melanggar wilayah udara teritorial “Negeri Sakura”.

Namun, Jepang menyebar jet militernya setelah pesawat tempur mereka mendekati wilayah udaranya, sedangkan pertemuan pemimpin Quad berlangsung.

Menteri pertahanan Jepang mengatakan, negaranya telah menyampaikan melalui jalur diplomatik keprihatinan serius kami dari perspektif keamanan negara kami dan kawasan.

Sangat “provokatif" Dia mengatakan, sebuah pesawat pengumpul intelijen Rusia juga terbang dari Hokkaido utara ke Semenanjung Noto di Jepang tengah pada Selasa (25/5/2022).

Tokyo pun menilai langkah itu sangat “provokatif” mengingat KTT dilangsungkan di ibu kota Jepang. "Kami meyakini fakta bahwa tindakan itu (latihan militer) diambil selama KTT Quad, membuatnya lebih provokatif daripada (operasi) di masa lalu," katanya, dan menambahkan bahwa itu adalah insiden keempat sejak November.

“Ketika komunitas internasional menanggapi agresi Rusia terhadap Ukraina, fakta bahwa China mengambil tindakan seperti itu bekerja sama dengan Rusia, yang merupakan agresor, menjadi perhatian. Itu tidak bisa diabaikan.”

Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan pemimpin Australia yang baru terpilih, Anthony Albanese, berkumpul di ibu kota Jepang untuk KTT Quad--yang bertujuan untuk melawan pengaruh China di Asia Pasifik.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved