Konflik Rusia vs Ukraina

Senjata Laser Rusia Mampu Halau Drone Ukraina, Ini Kata Analisis Militer

Drago Bosnic, analis geopolitik dan militer independen situs analisis intelijen Southfront.org menyatakan barat gagal.

Editor: lodie tombeg

TRIBUNGORONTALO.COM, Moskow - Drago Bosnic, analis geopolitik dan militer independen situs analisis intelijen Southfront.org menyatakan barat gagal mendegradasi kemampuan teknologi laser tempur Rusia.

Secara prinsip, klaim Rusia yang menggunakan laser tempur di Ukraina sulit dibantah. Sejarah pengembangan teknologi laser Rusia telah berlangsung sejak berpuluh tahun lalu.

Orang Rusia bahkan memiliki kontribusi nyata penemuan teknologi laser. Berikut ulasan Drago Bosnic yang dialihbahasakan dari artikelnya di Southfront.org, Selasa (24/5/2022).

Senjata laser Rusia yang diterjunkan di Ukraina diberi nama Zadira. Senjata ini fokus pada target drone-drone komersial quadrocopter yang belakangan banyak dipakai militer Ukraina.

Ukraina memiliki drone intai tempur Bayraktar TB-2 buatan Turki, namun memperlihatkan kegagalan di lapangan. Drone nonkomersial itu juga berbiaya mahal.

Drone komersial memiliki keuntungan lebih kecil dan lebih mudah tersedia dan, dengan demikian, mudah diganti, tidak seperti drone militer mahal seperti “Bayraktar” yang disebutkan di atas.

Selain itu, juga lebih boros untuk menembakkan rudal pertahanan udara yang mahal pada target-target kecil.

Sebagian besar rudal permukaan ke udara (SAM) berharga puluhan ribu dolar atau bahkan jutaan dalam contoh sistem strategis seperti S-400.

Drone komersial, di sisi lain, dapat berharga serendah beberapa lusin dolar. Produksi dan perbedaan pembiayaannya sangat mempengaruhi penghitungan ekonomi dalam situasi perang.

Dengan demikian, Rusia memutuskan untuk mulai menggunakan laser untuk melawan ancaman baru ini, dengan efek melumpuhkan pada militer Ukraina.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved