Penyebab Sri Mulyani Akan Rombak APBN 2022

Kementerian Keuangan akan melakukan perombakan pada postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini.

Editor: lodie tombeg
Tribun Jateng
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Kementerian Keuangan akan melakukan perombakan pada postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini.

Hal ini dilakukan sebagai upaya penyesuaian bantalan prioritas masyarakat karena pandemi Covid-19 sudah mulai melandai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, perombakan ini akan dilakukan dalam dua bulan ke depan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Implikasinya postur APBN-nya berubah, nah dalam dua bulan ke depan, kita akan bicara dengan dengan DPR, kita sudah bicara disidang kabinet bagaimana postur APBN di 2022 ini akan bergerak berubah,” tutur Sri Mulyani dalam B-Talk yang diselenggarakan Kompas TV, Selasa (10/5/2022).

Adapun menurutnya, dalam dua tahun terakhir APBN difokuskan hanya untuk penanganan pandemi Covid-19.

Baik itu dengan memberikan vaksinasi kepada masyarakat, biaya penanganan rumah sakit untuk pasien yang terpapar, dan juga bantuan untuk masyarakat yang terdampak dengan bantuan sosial (bansos) agar bisa meningkatkan belanjanya karena mobilitasnya dibatasi. Akan tetapi, tahun ini akan ada sedikit penyesuaian.

Menurutnya, belanja Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) memang akan tetap didominasi untuk memberikan bansos kepada masyarakat, tetapi kali ini dengan tujuan lain, yaitu dalam bentuk bantalan subsidi untuk mengurangi shock yang dahsyat dari perekonomian global.

Misalnya, kondisi global yang saat ini cukup berbeda, baik itu karena masalah umum ekonomi, inflasi global yang cukup tinggi, dan juga ekonomi yang terimbas akibat adanya perang antara Rusia dan Ukraina.

“Ini real dan dampaknya luar biasa. Ini menjadi risiko baru yang harus kita waspadai,” jelasnya. Untuk itu, Lanjut Sri Mulyani, pemerintah akan terus berjaga-jaga dengan adanya tantangan ekonomi global ini karena juga bisa menghambat pemulihan ekonomi nasional ke depannya.

Cerita Sri Mulyani Sempat Terpapar Covid-19

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat terinfeksi Covid-19 dalam kunjungan kerjanya di Amerika Serikat (AS). Hal tersebut diungkapkan langsung oleh 'bendahara negara' dalam akun Instagram-nya @smindrawati, Senin (9/5/2022).

Wanita yang akrab disapa Ani itu menceritakan, Ia terpapar Covid-19 pada dua pekan lalu, ketika hendak mengakhiri kunjungan kerjanya di Negeri Paman Sam.

"Setelah melakukan 47 acara pertemuan fisik yang begitu padat, sering dilakukan tanpa masker (sesuai aturan di Amerika Serikat). Juga di tengah cuaca musim yang relatif masih dingin dan hujan serta dalam kondisi puasa, saya akhirnya tertular Covid-19," ujar dia, dikutip Senin.

Ketika terpapar Covid-19, Sri Mulyani mengaku hanya mengalami gejala ringan seperti batuk, pilek, dan sakit kepala.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved