Alasan Facebook Didominasi Warna Biru

Bila kilas balik, nama Facebook sendiri sudah pernah diubah, dari "thefacebook" menjadi "Facebook". Logo Facebook juga sudah berganti,

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Ilustrasi 

TRIBUNGORONTALO.COM – Sosial media Facebook resmi berusia 18 tahun pada 2022 ini. Sejak dirilis pada 4 Februari 2004 silam, ada satu aspek dari Facebook yang tak pernah diubah, yaitu warna biru yang mendominasi website dan aplikasi Facebook.

Bila kilas balik, nama Facebook sendiri sudah pernah diubah, dari "thefacebook" menjadi "Facebook". Logo Facebook juga sudah berganti, dari gambar foto aktor sekaligus pembuat film asal AS, Alfredo James Pacino alias Al Pacino hingga simbol huruf "f" seperti saat ini.

Antarmuka dan fitur-fitur Facebook pun juga sudah banyak berubah dan berkembang selama keberadaannya. Nah, warna biru Facebook inilah yang tak pernah berubah hingga saat ini.

Mengapa Facebook warna biru?
Usut punya usut, pemilihan warna biru tersebut ternyata berangkat dari kelainan yang dimilik oleh pendirinya, Mark Zuckerberg.

Zuckerberg dilaporkan memiliki kondisi buta warna hijau-merah (red-green color blindness). Buta warna sendiri adalah ketidakmampuan untuk melihat perbedaan warna-warna tertentu, dalam kasus Zuckerberg adalah warna hijau-merah.

Menurut Bluleadz, saat ini, diperkirakan 10 persen dari seluruh populasi manusia di dunia mengalami buta warna, di mana buta warna hijau-merah adalah jenis buta warna yang paling sering umum.

Secara umum, seseorang dengan buta warna hijau-merah tidak dapat melihat warna hijau-merah seperti seharusnya.

Menurut situs HelloSehat, red-green color blindness terbagi lagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah Protanomaly, kondisi yang membuat seseorang melihat warna merah tampak sebagai abu-abu.

Kedua adalah Protanopia yang membuat seseorang melihat sebagian besar warna pelangi akan tampak berwarna biru dan emas.

Jenis ketiga ada Deuteranomaly yang membuat seseorang melihat warna hijau tampak sebagai warna biru, kuning, dan warna-warna yang tampak diredam (muted).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved