Klub Rusia Tak Bisa Tampil di Kompetisi Eropa

Rusia tidak bisa mengirim wakil untuk berkompetisi di pentas Eropa pada musim 2022-2023. Demikian keputusan UEFA selaku induk sepak bola Eropa.

Editor: lodie tombeg
kompas.com
Klub sepak bola Rusia yang dilarang main di kompetisi Eropa. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Rusia tidak bisa mengirim wakil untuk berkompetisi di pentas Eropa pada musim 2022-2023. Demikian keputusan UEFA selaku induk sepak bola Eropa.

Alhasil, klub-klub asal Negeri Beruang Merah itu tak bisa mentas di ajang Liga Champions, Liga Europa dan Liga Konferensi Eropa untuk musim depan.

Keputusan tersebut diumumkan melalui unggahan di laman resmi UEFA pada Selasa (3/5/2022) dini hari WIB.

Ini merupakan keputusan lanjutan setelah UEFA memberikan sanksi serupa pada Februari lalu, tepatnya ketika Rusia melancarkan invasi militer terhadap Ukraina.

UEFA dalam keterangannya mengatakan bahwa keputusan menangguhkan keikutsertaan klub-klub Rusia di pentas Eropa diambil untuk memastikan kelancaran kompetisi.

Mereka juga ingin menjamin keamanan bagi setiap pihak yang berkepentingan dalam pergelaran kompetisi di tingkat Eropa. keamanan perlu dipastikan mengingat invasi Rusia terhadap Ukraina masih berlangsung hingga saat ini.

"Menindaklanjuti keputusan pada 28 Februari 2022 yang menangguhkan semua tim dan klub perwakilan Rusia dari kompetisi Eropa hingga pemberitahuan labih lanjut, Komite Eksekutif UEFA hari ini mengambil serangkaian keputusan yang berkaitan dengan implikasi dari keputusan itu untuk kompetisi yang akan datang," tulis UEFA.

"Ini untuk memastikan kompetisi berjalan lancar di lingkungan yang aman dan terjamin bagi semua pihak yang berkepentingan," lanjut UEFA.

Lebih lanjut, UEFA secara rinci menjelaskan bahwa penangguhan klub-klub Rusia akan membuat jalur perwakilan menuju kompetisi Eropa akan disesuaikan kembali.

BBC menulis, proses kualifikasi untuk Liga Champions musim depan telah diterbitkan dan menunjukkan keuntungan bagi tim-tim asal Skotlandia.

Juara Premiership, kasta tertinggi Liga Skotlandia, disebut akan langsung lolos ke fase grup Liga Champions. 

Sementara itu, tim yang berada di peringkat kedua akan masuk ke babak ketiga kualifikasi.

"Rusia tidak akan memuiliki klub yang berpartisipasi dalam kompetisi klub UEFA musim 2022-2023. Akibatnya, daftar akses masing-masing kompetisi klub pria telah disesuaikan sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam peraturan kompetisi terkait," demikian keterangan UEFA.

Setelah mengambil keputusan tersebut, Komite Eksekutif UEFA disebut akan tetap siaga untuk mengadakan pertemuan lanjutan guna menilai situasi hukum seiring perkembangan yang terjadi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved