Penjabat Bupati Boalemo 2022

Sosok Handoyo Sugiharto: 'Si Tukang' Insinyur yang Paham Boalemo

Nama Handoyo Sugiharto mencuat ke publik setelah Gubernur Gorontalo Rusli Habibie membocorkan tiga nama calon Penjabat Bupati Boalemo.

Editor: lodie tombeg
Kominfotik Pemprov Gorontalo
Handoyo Sugiharto, Kadis PUPR Provinsi Gorontalo 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Nama Handoyo Sugiharto mencuat ke publik setelah Gubernur Gorontalo Rusli Habibie membocorkan tiga nama calon Penjabat Bupati Boalemo.

Handoyo termasuk satu dari tiga nama yang diusulkan Gubernur Rusli ke Kementerian Dalam Negeri menggantikan Bupati Anas Jusuf. Anas akan mengakhiri masa jebatan pada Mei 2022.

Handoyo bukan orang baru bagi publik Boalemo dan Gorontalo. Sebagai pamong senior, Handoyo juga sebagai mantan Kadis PUPR Kabupaten Boalemo.

Dia sekarang ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo.

Dia juga meraih profesi insinyur dari Universitas Sam Ratulangi.

Handoyo juga pernah meraih penghargaan Adikarya Dharma Nusa Tahun 2020.

Spekulasi siapa figur penjabat (Pj) Bupati Boalemo bermunculan di publik. Gorontalo Rusli Habibie memberi bocoran siapa tiga nama calon Pj bupati yang telah diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kata Gubernur Rusli, pertama Handoyo Sugiharto, kedua Risjon Sunge dan yang ketiga Sukri Botutihe. “Kita sudah serahkan ke Mendagri untuk ditetapkan siapa yang paling cocok,” beber Rusli.

Ketiga nama yang diusulkan mempertimbangkan usulan dari tokoh masyarakat setempat. Mereka juga dinilai memiliki kemampuan untuk memimpin daerah berdasarkan rekam jejak birokrasinya.

“Menurut kami ketiganya sangat cocok dan layak karena kepangkatan, pengalaman dan kepemimpinan mereka sudah cukup teruji,” imbuhnya.

Dikutip dari gorontaloprov.go.id, selain mengungkap tiga nama Pj Bupati Boalemo, Rusli juga membeberkan tiga nama calon Pj Gubernur penggantinya.

Ada nama Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo, Staf Ahli Menpora Hamka Hendra Nur dan Staf Ahli Menko Ekwin Rudi Salahuddin. Dua nama sebelumnya adalah putra daerah.

Bocoran itu disampaikan saat konferensi pers usai buka puasa bersama dengan puluhan mantan penjabat Pemprov Gorontalo di RM Meranti, Bone Bolango, Minggu (24/4/2022). (*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved