Warga Hulawa-Gorontalo Ganti Sebutan Pasar Senggol Jadi Pasar Tumpah

Pasar Tumpah ini kata Rahmat, Koordinator Lapangan, akan dibuka pada Sabtu (23/4/2022). 

TribunGorontalo.com/AgungPanto
Warga Desa Hulawa, Kecamatan Telaga, warganya mengganti sebutan Pasar Senggol menjadi Pasar Tumpah. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Berbeda dengan kabupaten lain, di Kabupaten Gorontalo tepatnya di Desa Hulawa, Kecamatan Telaga, warganya mengganti sebutan Pasar Senggol menjadi Pasar Tumpah. 

Pasar Tumpah ini kata Hendra, Koordinator Lapangan, akan dibuka pada Sabtu (23/4/2022). Posisinya tepat berada di kawasan Stadion 23 Januari, Talaga. 

Saat ini, sudah ada sedikitnya 26 unit tenda yang dipasang untuk digunakan para pedagang. 

Tidak hanya pedagang lokal saja yang akan datang berjualan, kata pria 35 tahun itu, akan ada pedagang dari Manado, Sulawesi Utara, dan Makassar, Sulawesi Selatan. 

Lalu, ada juga kata dia pedagang dari Suwawa, Bone Bolango. Tidak hanya itu, sejumlah pedagang dari Pasar Sentral juga sudah mendaftarkan diri. 

“Iya, ini akan buka pada malam Minggu,” tegas Hendra. 

Hendra tidak menyebutkan lebih detail alasan dinamakan Pasar Tumpah. Namun jika diartikan, ‘tumpah’ merujuk pada keramaian. Artinya, orang-orang akan tumpah ruah di lokasi pasar tersebut. 

"Dulu enggol namanya, di ubah jadi Pasar Tumpah karena kemarin masih (tinggi kasus) pandemi Covid-19, jadi dilarang senggol-senggolan makannya diubah menjadi pasar tumpah,” tegas Hendra. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved