Ini Alat Elektronik yang Punya Daya Siaga Tinggi

Perlu Anda ketahui! Beberapa alat eletronik perlu dimatikan untuk menghemat listrik, jika tidak digunakan lagi.

Editor: lodie tombeg
kompas.com
Laptop 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perlu Anda ketahui! Beberapa alat eletronik perlu dimatikan untuk menghemat listrik, jika tidak digunakan lagi. Begitu juga dengan peralatan eleltronik yang tidak boleh dicolok ke stopkontak untuk menghindari kostleting.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak alat elektronik yang berperan untuk melengkapi kehidupan manusia.

Pemakaian alat elektronik ini tentunya membutuhkan energi listrik dan biaya yang harus dikeluarkan.

Akan tetapi, banyak orang yang masih mengabaikan penghematan listrik ketika perangkat elektronik ini tidak digunakan.

Dilansir Good Housekeeping, Rabu (30/3/2022), banyak orang yang sering mengabaikan peralatan di rumah yang menghabiskan energi saat tidak dimatikan.

"Daya siaga (standby) adalah listrik yang digunakan oleh peralatan saat dimatikan atau dalam 'mode istirahat'," jelas Chris Saunders, pakar energi rumah tangga dan pendiri LoopEnergySaver.com.

Dia menjelaskan, hampir semua peralatan elektronik akan menarik daya secara terus-menerus kecuali dimatikan atau dimatikan dari sumber listriknya. Adapun untuk menghemat listrik, matikan lima peralatan elektronik di rumah ini.

1. Televisi

Meskipun produsen TV modern telah meningkatkan efisiensi mode standby, Anda masih akan menghemat energi dengan mematikannya sepenuhnya.

Jika Anda memiliki model yang lebih tua, mematikannya bahkan lebih penting. "Saat TV tidak dimatikan dan dibiarkan dalam mode standby, menjadi salah satu penyebab utama pemborosan energi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved