Hamim Pou Sebut Kopi Pinogu, Gula Aren Bulango Ulu dan Jagung Sebagai Produk Besar Bone Bolango

Di sela sela kegiatan Grand Opening, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, Kabupaten Bone Bolango adalah kabupaten yang mengandalkan UMKM

Kemkominfo Bone Bolango di Grand opening kue Karawo
Bupati Bone Bolango Hamim Pou 

TRIBUNGORONTALO.COM, Suwawa - Direktorat Jendral Industri Kecil Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kementerian Perindustrian (KEMENPERIN) Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, meresmikan sentra kue Karawo di Desa Tanggilingo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (26/03/2022).

Reni Yanita (Dirjen IKMA) mengapresiasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bone Bolango merealisasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021 untuk membangun sentra kue Karawo di Desa tersebut.

Reni berharap, kedepannya menciptakan perekonomian berbasis kerakyatan ini, dapat membuat setiap daerah mempunyai kearifan lokalnya masing-masing.

"Dulu kita hanya mengenal karawo di motif baju, tapi ternyata kita bisa mengenal melalui makanan," kata Reni.

Kue Karawo sendiri merupakan kue kering khas oleh-oleh Gorontalo yang di hiasi dengan motif sulaman karawo dalam ukuran kecil dibentuk kedalam berbagai macam model kue kering pada umumnya.

Sementara Kue Karawo yang berada di Desa tangiilingo menjadi salah satu tempat baru berburunya oleh-oleh, serta desa yang sedang di rintis menjadi Kambungi Lo kukisi.

Di sela sela kegiatan Grand Opening, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, Kabupaten Bone Bolango adalah kabupaten yang mengandalkan UMKM, karena 40 % warganya bergerak di bidang UMKM.

Hamim menyebutkan beberapa produk yang menjadi kekuatan produk besar Bone Bolango yaitu Kopi Organik Pinogu, Gula Aren Bulango Ulu dan Jagung.

"Kami bergantung di tiga komoditas ini untuk menggerakan ekonomi masyarakat. Maka peran serta dan kerja sama dengan Kementerian menjadi salah satu yang kami butuhkan, kami tahu Kementrian Perindustrian akan terus memerhatikan terus Kabupaten Bone Bolango ini," jelas Hamim. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved