Launching Tribun Gorontalo

Juara Desa Wisata Nasional, Desa Bongo Gorontalo Dijatah Internet Gratis Selama 1 Tahun

Gorontalo ternyata memiliki desa wisata yang membanggakan. Karena prestasinya, pemerintah pusat melalui kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com
Tangkapan layar talkshow Digitalisasi dan Potensi Desa Wisata Gorontalo yang dirangkaikan peluncuran TribunGorontalo.com, Kamis (17/3/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo -- Gorontalo ternyata memiliki desa wisata yang membanggakan.
Karena prestasinya, pemerintah pusat melalui kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, tahun 2021 lalu, memberi apresiasi jangka panjang.

"Karena juara nasional desa wisata berbasias religi, Desa Bongo itu, akhirnya dapat jatah internet gratis dari kementerian," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Syamsul Baharidin, saat menjadi pembicara di webinar di launching virtual portal berita digital TribunGorontalo.com Kamis (17/3/2022).
Webinar ini mengusung tema Digitalisasi dan Desa Wisata di Provinsi Gorontalo.

Mewakili Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo, kadis menyebut desa itu menjadi salah satu kebangggan pemerintah daerah.

Destinasi Wisata Religi Bubohu Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, juara kedua nasional kategori Desa Wisata Berkembang pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa (7/12/2021) lalu.
ADWI 2021 diikuti oleh 1.831 desa dari 34 provinsi.

Penilaian ADWI meliputi tujuh kategori, yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), desa digital, suvenir, daya tarik wisata, konten kreatif, homestay, dan toilet.

Desa Bubohu memperoleh hadiah Rp 30 juta.
Penghargaan dan hadiah diterima oleh Ketua Pokdarwis Desa Bongo, Muhlis Panai.
Desa Bongo berada di Kecamatan Batudaa Pantai.

Desa ini berjarak 31 km dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, 21 km dari ibu kota kabupaten, dan 8,3 km dari ibu kota provinsi.

Kadis menyebut ada tiga destinasi unggulan di desa ini. Pertama Masjid Kuba Emas, Desa Wisata Religi Bubohu, kedua Pantai Batudaa,
Sekitar 2.011 warga desanya ramah dan kehidupan religi di desa mendamaikan. Sebagian besar warganya adalah petani dan nelayan.

Dalam webinar ini, TribunGorontalo.com membuat reportase khusus dari desa ini.
Saat launching jurnalis TribunGorontalo.com, Husnul Ade Puhi dan Agung Panto, melaporkan secara on the spot dari lokasi wisata berbasis religi ini.

TribunGorontalo.com berkantor di Gorontalo, Ibu Kota Provinsi Gorontalo. Portal ini diperkuat sepuluh wartawan termasuk content manager.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved