Kebakaran Rumah Legislator

Tips Mencegah Kebakaran di Rumah

'Si jago merah' jadi momok di Provinsi Gorontalo. Sepanjang 2022, sudah tiga peristiwa. Teranyar kebakaran di Jalan A Wahab.

Editor: lodie tombeg
kompas.com
Ilustrasi stop kontak listrik 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - 'Si jago merah' jadi momok di Provinsi Gorontalo. Sepanjang 2022, sudah empat peristiwa.

Teranyar kebakaran di Jalan A Wahab, Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Pemilik Rumah Terbakar di Telaga Ternyata Legislator DPRD Gorontalo

Bencana kebakaran bisa terjadi di mana saja, termasuk di rumah. Oleh karena itu, kita perlu waspada dan melakukan beberapa pencegahan agar bencana ini tidak terjadi di rumah.

Kamu bisa melengkapi rumah dengan beberapa alat pencegah kebakaran seperti alarm asap, alat pemadam kebakaran, rencana pelarian dan titik berkumpul, serta bahkan brankas tahan api untuk melindungi barang-barang dan surat berharga.

Selain itu, beberapa tips pencegahan kebakaran berikut ini juga bisa kamu terapkan. 

1. Cabut alat elektronik yang tidak digunakan

Dilansir dari staysafe.org, Senin (29/11/2021), listrik berlebih yang mengalir melalui alat elektronik di rumah bisa menjadi potensi terjadinya kebakaran.

Barang-barang seperti komputer, TV, sistem permainan, dan banyak lagi lainnya menggunakan listrik meski sedang tidak menyala.

Itu artinya, alat-alat ini masih bisa mengalami konsleting atau bisa menjadi terlalu panas dan menyebabkan kebakaran. Listrik yang mengalir ke alat-alat ini akan memberi mereka sumber api juga.

Untuk itu, cabutlah alat-alat elektronik yang tidak kamu gunakan untuk meminimalisir hal ini.

2. Jangan tinggalkan api tanpa pengawasan

Jika kamu memasak, menyalakan lilin, atau menggunakan api jenis lain atau panas yang berlebih. Kamu harus selalu mengawasinya setiap saat. Jika kamu mulai memasak apa pun, sebaiknya jangan tinggalkan kompor.

Dengan mengawasi jenis api ini, kamu bisa menyadari dengan cepat apakah ada masalah atau jika tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved