Kepala Bea Cukai Gorontalo Jelaskan APBN kepada Siswa di Limboto

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Gorontalo melangsungkan kegiatan APBN Week 2022.

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com
Kepala Bea Cukai Gorontalo Latif Helmi 

TRIBUNGORONTALO.COM, Limboto – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Gorontalo melangsungkan kegiatan APBN Week 2022 customs goes to school bagi pelajar SMA dan SMK sederajat serta mahasiswa, Kamis (24/2/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo itu, mengangkat tema mengenalkan APBN, memahami APBN dan menjaga APBN. Selaras dengan tema kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan APBN dan peran Direktorat jendral Bea dan Cukai dalam mendukung APBN kepada masyarakat.

Kepala Bea Cukai, Latif Helmi mengatakan, sosialisasi ini untuk memperkenalkan APBN kepada siswa maupun mahasiswa, jika mereka telah mengenal, dan paham apa APBN itu tentu dapat bersama – sama mengamankan APBN tersebut.

“Kegiatan memperkenalkan APBN ini skalanya nasional yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Ini dilaksanakan baru pertama kali oleh Direktorat Jenderal keuangan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C untuk memperkenalkan APBN meskipun sudah ada kegiatan – kegiatan yang dilakukan sebelumnya diluar APBN,” tuturnya.

250222-Sosialisasi di Limboto
Kegiatan APBN Week 2022 customs goes to school di Aula SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo, Kamis (24/2/2022).

Kegiatan perkenalkan APBN, SMA 1 ini satu – satunya sekolah yang menjadi lokasi pelaksanakan, setelah ini sambung Latif akan ada sosialisasi ke para pengusaha serta pemerintah daerah namun bukan lagi membahas terkait APBN.

Jika ada APBN yang disalahgunakan, kata Latif, sudah ada penegak hukum yang bertugas untuk itu semisalkan pihak Kepolisian, direktorat bertugas untuk penegakkan integritas.

Latif berharap APBN bisa diketahui oleh masyarakat sehingga APBN yang disusun ini bisa tepat sasaran melalui peran pemerintah, sehingga mereka bisa memahami substansi dari APBN itu sendiri.

“Melalui goes to school ini saya berharap dengan kegiatan ini kita bisa menanamkan kepada generasi muda untuk sama – sama dapat mengamankan APBN tersebut,” tandasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Marchel siswa SMA Negeri 1 Gorontalo menambahkan, dirinya bersyukur atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Bea dan Cukai dini hari mengingat melalui kegiatan tersebut siswa dapat memahami peran serta siswa untuk mengawal dan mengamankan APBN.

“Peran kami sebagai siswa tentu ke depannya kami siap menjaga APBN itu sendiri mengingat kami telah mendapatkan informasi terkait bagaimana mengamabnkan APBN sehingga tepat sasaran di masyarakat luas,” tuturnya.

Lanjut Marchel, alhamdulillah siswa dengan pengetahuan mengenai pelaksanaan APBN serta apa saja peran dari bea dan cukai untuk masyarakat.

“Intinya kami telah paham bagaimana pelaksanaannya awalnya kami tidak mengetahui namun sekarang kami siap untuk mensosialisasikan hal ini ditengah masyarakat,” tutup Marchel. (ris)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved