Festival Pohon Cinta

Pejabat Kemenparekraf Cicipi Produk UMKM pada Festival Pantai Pohon Cinta Pohuwato

Reza Pahlevi, Direktur Event Daerah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI berharap.

Penulis: Wawan Akuba | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Wawan Akuba
Tarian Penyambutan (Medley Nusantara) pada perayaan Festival Pantai Pohon Cinta di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Selasa (22/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Marisa - Reza Pahlevi, Direktur Event Daerah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI berharap, Festival Pantai Pohon Cinta di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo mampu memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat setempat.

Hal itu ia ungkapkan saat ditemui TribunGorontalo.com di lokasi acara, Selasa (22/2/2022). “Ya tentu kita berharap festival ini dapat memberikan dampak ekonomi. Seperti kita lihat (hari ini) banyak pengunjung. Jadi mudah-mudahan (pengunjung) banyak belanja,” ungkap Reza.

Pada perayaan Festival Pantai Pohon Cinta, Pemkab Pohuwato memang mengakomodir para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun industri kecil menengah (IKM).

Banyak lapak disiapkan agar para pelaku usaha kecil maupun menengah itu, bisa menjual produknya. Produk itupun tidak hanya produk dari UMKM di Pohuwato, namun juga UMKM dari Kabupaten Perigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara.

220222-Reza Pahlevi
Reza Pahlevi, Direktur Event Daerah Kemenparekraf (kanan) saat mengunjugi lapak UMKM di Festival Pantai Pohon Cinta di Kabupaten Pohuwato, Selasa (22/2/2022). Ia berasama Kapolres Pohuwato (tengah) dan Bupati Pohuwato (kiri).

“Tujuannya penyelenggaraan event ini selain dia untuk mendukung promosi destinasi wisata di daerahnya, tentu juga memberikan dampak untuk masyarakat terutama,” ungkapnya.

Karena itu, Reza berharap, agar Festival Pantai Pohon Cinta ini dapat dilaksanakan secara rutin dan menjadi event tahunan serta event unggulan. Artinya setiap tahun pemerintah harus mengemas festival ini menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Ia pun meminta agar pemerintah lebih menonjolkan konten lokal serta kearifan lokal Pohuwato. Hal-hal unik seperti itu menurut dia bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan.

“Kekuatan budaya dan keunikan di Provinsi Gorontalo terutama di Pohuwato ini, dapat menjadi ikon, menjadi daya tarik,” ungkap dia.

Festival Pantai Pohon Cinta adalah rangkaian dari perayaan HUT ke-19 Pohuwato serta milad kepemimpinan Bupati Saipul Mbuinga dan Suharsi Igirisa (SMS).

Saipul berharap, agar perayaan ini memberi dampak yang besar untuk promosi wisata dan budaya di Pohuwato. Kaitannya dengan ekonomi kreatif, Saipul berusaha agar produk lokal dari UMKM di Pohuwato mampu dilirik oleh wisatawan yang datang. (wan)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved