Bone Bolango dalam Angka, Kepala BPS: Permudah Para Peneliti

Badan Pusat Statistik (BPS)  berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam program.

Penulis: Apris Nawu | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com
FGD Kabupaten Bone Bolango dalam Angka Tahun 2022 di TC Damhil, Kota Gorontalo, Senin (21/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Badan Pusat Statistik (BPS)  berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam program Satu Data Indonesia.

BPS menggelar Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten Bone Bolango dalam Angka Tahun 2022 di TC Damhil, Kota Gorontalo, Senin (21/2/2022).

Kepala BPS Bone Bolango Suparno usai FGD kepada TribunGorontalo.co, menjelaskan, FGD tersebut berfokus pada dua hal, yang pertama tentang Satu Data Indonesia.

Jadi saat ini kata Suparno, BPS Bone Bolango sementara membangun kolaborasi dengan para OPD, agar ke depannya data tersebut menjadi lebih sinkron.

“Dalam kurung beberapa tahun para OPD selalu jalan masing-masing, efeknya adalah ketidaksinkronan data antara OPD satu dan lainnya,” kata Suparno.

Dia menambahkan akan ada Forum Satu Data untuk menyinkronisasikan data, agar selaras dan tidak bertentangan ketika digunakan oleh seluruh OPD yang ada di Bone Bolango.

Baca juga: 21 Pasutri Gorontalo Ikut Sidang Isbat, Begini Kata Bupati Bone Bolango

Kedua, ungkapnya, tentang penyusunan data Bone Bolango dalam Angka. "Kami akan mempublikasikan buku tahunan dari BPS Bone Bolango, yang disusun setahun sekali, dan akan dirilis pada tanggal 25 Februari," katanya.

210222-Kebersamaan
Foto bersama usai FGD Kabupaten Bone Bolango dalam Angka Tahun 2022 di TC Damhil, Kota Gorontalo, Senin (21/2/2022).

Pengumpulan datanya sudah dari awal tahun, sekarang sudah pada proses validasi. Jadi buku yang berisi DDA (Daerah dalam Angka) ini, adalah kumpulan data-data statistik.

Dalam data statistik dasar yang dikumpulkan oleh BPS. Di dalamnya ada data pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, ketenagakerjaan, kependudukan dan data kemiskinan serta data lainnya yang bersifat makro.

Pun ada juga data statistik sektoral, yang dihimpun oleh masing-masing OPD.

"Jadi diakumulasikan dan dipublikasi, untuk menggambarkan kondisi sosial ekonomi suatu daerah, dalam hal ini adalah Kabupaten Bone Bolango, yang dapat memudahkan para peneliti maupun berbagai kalangan untuk mengetahui secara detail,” jelasnya.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan Muhamad Yusuf Jamil menuturkan, jika FGD Bone Bolango dalam Angka ini, sebagai langkah finalisasi, agar kualitas datanya itu menjamin buat para penggunanya.

“Jadi Bone Bolango dalam Angka ini, bukan hanya berisi data dari BPS saja, ada juga dari OPD lainnya. Pun data-data tersebut banyak yang menggunakan,” kata Yusuf.

Terakhir kata dia, BPS Bone Bolango perlu memperhatikan isinya. Maka, adanya FGD tersebut, sebagai langkah untuk menjamin mutu dan kualitas serta keakuratan data yang dipakai. (apr)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved