Intip Warkop Unik Pombango-Gorontalo, Zulham 'Sulap' Tempat Buang Sampah Jadi Objek Wisata

Pelaku ekonomi kreatif tumbuh subur di Kota Gorontalo. Bermodalkan ide kreatif, pelaku usaha menjalan bisnisnya. Seperti kedai yang ditata sedemikian.

Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo
Warkop Pombango di Jalan Taib Mohamad Gobel, Kelurahan Tapa, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo, Sabtu (13/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Pelaku ekonomi kreatif tumbuh subur di Kota Gorontalo. Bermodalkan ide kreatif, pelaku usaha menjalan bisnisnya. Seperti kedai yang ditata sedemikian rupa untuk menarik wisatawan dan pengunjung. 

Satu di antaranya Warkop Pombango yang dikenal dengan Kampung Pancasila. Warkop Pombango tepatnya berada di Jalan Taib Mohamad Gobel, Kelurahan Tapa, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo. TribunGorontalo.com berkesempatan mendatangi warkop ini, Sabtu (13/2/2022).

Warkop Pombango ini memiliki konsep yang berbeda dari kedai kopi lainnya. Kedai ini mengambil konsep alam, yang dibangun di bantaran Sungai Bulango.

130222-Zulham Puyuhiyo
Owner Warkop Pombango Zulham Puyuhiyo

Paling unik dan menarik, rumah pohon yang dikhususkan bagi pengunjung yang senang ingin berswafoto, keluarga maupun pasangananya.

Kepada TribunGorontalo.com, Owner Warkop Pombango Zulham Puyuhiyo biasa di sapa abang Zul mengatakan, membangun warkop ini dengan konsep alam. "Dulunya lokasi yang berada di sini sebenarnya tepi Sungai Bulango yang menjadi tempat pembuangan sampah oleh warga di sini," kata dia.

Baca juga: Wisata Baru Deswita-Gorontalo, Asyik Santai di Tengah Sawah Bone Bolango

"Sehingga, untuk menjaga sungai bebas dari sampah, kami rema muda atau Karang Taruna dan masyarakat di Keluarahan Tapa ini berinisiasi untuk membersihkan lokasi tersebut dan mengubahnya menjadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi wisatawan," kata Zulham. 

Warkop ini menyediakan menu ala kampung dan kota seperti milu siram, pisang goreng, nasi kuning, stik goroho, lalapan,ayam geprek, ikan mujair. Itu untuk makanan. Begitu juga untuk minuman antara lain es teh, just avokad, nutrisari dan masih banyak lagi makanan dan minuman di tempat ini. "Soal harganya terjangkau dan murah," kata Zulham saat diwawancari TribunGorontalo.com.

130222- Warkop Pombango
Warkop Pombango di Jalan Taib Mohamad Gobel, Kelurahan Tapa, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo, Sabtu (13/2/2022).

Kedai Warkop Pombango ini baru tiga bulan beroperasi. Dibuka pada tanggal 17 Desember 2021. Meskipun terbilang baru, warkop mulai ramai didatangi pengunjung atau wisatawan. 

"Karena masih pandemi, (kita terapkan) aturan Kemenkes, seperti tempat mencuci tangan, dan masker sudah di tempat ini," kata Zulham.

Zulham berharap anak muda di Gorontalo khususnya Karang Taruna untuk berkarya dan berkresi dari bidang apapun usahanya. "Paling penting itu dalam berusaha kedai atau warkop adalah kerja sama dan saling menghargai satu sama lain," ujarnya. (apr)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved