TNI AL Tambah Kapal Selam, Begini Penjelasan KSAL soal Kekuatan Armada

TNI Angkatan Laut diperkuat. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan satuan baru TNI AL Komando Armada.

Editor: lodie tombeg
Tribunnews
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - TNI Angkatan Laut diperkuat. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan satuan baru TNI AL Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI).

KSAL juga mengukuhkan Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan sebagai Panglima di Jakarta Kamis (3/2/2022) .

Usai kegiatan Yudo menjelaskan dalam jajaran Koarmada RI terdapat jabatan Komandan Komando Operasi Kapal Selam (Dankoopskasel).

Selama ini, kata Yudo, satuan kapal selam hanya ada di Koarmada II. Namun setelah Koarmada RI dibentuk maka satuan kapal selam akan dibentuk di setiap komando armada.

Hal itu disampaikannya di dermaga Koarmada I Pondok Dayung Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (3/2/2022).

Baca juga: AS Peringatkan Ancaman Invasi ke Ukraina, Rusia Kerahkan 100 Ribu Tentara

"Di sana ada Dankoopskasel (Satuan Kapal Selam) yang selama ini kapal selam hanya ada di Koarmada II, nantinya dengan adanya Koarmada RI kapal selam nanti akan kita bagi, di Armada I, II, dan III. Sehingga nanti pembinaan kapal selam harus sama di bawah Koopskasel tadi," kata Yudo.

Yudo menjelaskan seiring penambahan satuan tersebut, akan ditambah juga kapal selam TNI AL. Ia mengatakan Kementerian Pertahanan juga telah berencana untuk membeli kapal selam.

"Tentunya membangun dermaga kapal selam tidak mudah, harus ada persyaratan, sarana dan prasarana yang memang betul-betul memadai. Dan sekarang ini saya juga sedang lakukan survei pemilihan pangkalan kapal selam di wilayah barat dan di wilayah Koarmada III," kata dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Koarmada RI Dibentuk, TNI AL akan Tambah Satuan Kapal Selam

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved